Kamis, 19/05/2022 12:13 WIB

Tim Taiwan Tak Hadir Pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing

Pemerintah, yang mengatakan tidak ada pejabat yang akan pergi, kini telah memutuskan para atletnya tidak akan hadir dalam upacara pembukaan maupun penutupan.

Pembuat es memasang logo Olimpiade sub-glasial menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Yanqing National Sliding Center di Yanqing, China, 28 Januari 2022. Reuters/Edgar Su

TAIPEI, Jurnas.com - Tim Taiwan untuk Olimpiade Musim Dingin bulan depan di Beijing tidak akan ambil bagian dalam upacara pembukaan atau penutupan. Alasannya karena penerbangan yang tertunda, aturan anti-COVID-19 yang keras, dan keberangkatan lebih awal.

Subtropis Taiwan, yang tidak memiliki tradisi olahraga musim dingin dan tidak pernah memenangkan medali di Olimpiade musim dingin, mengirimkan empat atlet ke Beijing, jumlah yang sama dengan Olimpiade musim dingin terakhir pada 2018.

Pemerintah, yang mengatakan tidak ada pejabat yang akan pergi, kini telah memutuskan para atletnya tidak akan hadir dalam upacara pembukaan maupun penutupan.

Dikutip dari Rueters, Administrasi Olahraga Taiwan mengatakan, tim yang beranggotakan 15 orang, termasuk pelatih, akan datang dari berbagai belahan dunia, termasuk Amerika Serikat (AS) dan Swiss.

"Menurut kebijakan pencegahan dan masuknya pandemi acara tersebut, penerbangan telah disesuaikan dan ditunda, dan tidak semua bisa tiba di Beijing pada upacara pembukaan pada 4 Februari," katanya dalam sebuah pernyataan.

Administrasi Olahraga Taiwan mengatakan, atlet perlu mengatasi jet lag mereka dan membiasakan diri dengan venue.

"Berdasarkan perlindungan para atlet, pencegahan dan pengendalian pandemi berstandar tinggi telah diadopsi untuk mencegah risiko infeksi; untuk mengumpulkan kekuatan tempur, delegasi kami tidak akan berpartisipasi dalam upacara pembukaan."

"Karena tim kecil, mereka tidak akan menunggu setelah acara mereka selesai dan akan pulang, artinya pada hari upacara penutupan sebagian besar sudah pergi, dan mereka tidak akan ada di sana," katanya.

Olimpiade Beijing terjadi pada saat ketegangan meningkat antara China dan Taiwan, termasuk aktivitas militer China yang berulang di dekat pulau itu.

Taiwan berkompetisi di sebagian besar acara olahraga termasuk Olimpiade sebagai "China Taipei" atas desakan Beijing, yang melihat Taiwan yang diatur secara demokratis sebagai bagian dari "satu China".

TAGS : Olimpiade Musim Dingin China Taiwan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :