Kamis, 19/05/2022 11:28 WIB

Menteri ESDM Luncurkan Portal Geologi Indonesia

Transformasi dalam pelayanan publik ini merupakan salah satu upaya Kementerian ESDM untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, saat meluncurkan Portal Geologi Indonesia hari ini, Jumat (Jurnas/Humas ESDM)

Jakarta, Jurnas.com - Guna memudahkan dan mempercepat pelayanan informasi kegeologian di Indonesia kepada masyarakat serta stakeholder, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan Portal Geologi Indonesia. Inovasi ini merupakan transformasi pelayanan publik dalam bentuk penyediaan informasi.

Transformasi dalam pelayanan publik ini merupakan salah satu upaya Kementerian ESDM untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, yaitu dengan memberikan kemudahan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

"Perkembangan teknologi dan informasi mempermudah proses digitalisasi pelayanan publik yang berkualitas. Portal Geologi Indonesia merupakan bagian dari transformasi pelayanan publik dalam bentuk penyediaan informasi leksikon stratigrafi, cekungan sedimen, warisan geologi dan peta-peta di seluruh Indonesia," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, saat meluncurkan Portal Geologi Indonesia hari ini, Jumat (28/1).

Kementerian ESDM, lanjut Arifin, memiliki amanah untuk menjamin ketersediaan energi dan sumber daya mineral dalam pembangunan nasional. Selain itu, Kementerian ESDM melalui Badan Geologi menyediakan pelayanan data dan informasi survei geologi dan geofisika, serta melakukan penyelidikan dan pemetaan untuk menghasilkan data, informasi dan peta-peta dalam berbagai tema dan skala.

Peran pelayanan publik semakin penting dalam menunjang pembangunan infrastruktur nasional yang saat ini sedang dilakukan secara masif "Hal ini dapat dilihat pada kegiatan penataan ruang berbasis geologi sehingga dapat mengurangi resiko akibat bencana kegeologian," terang Arifin.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman yang hadir dalam acara ini turut mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Badan Geologi untuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat untuk menjangkau informasi kegeologian.

"Selaku Pimpinan Komisi VII DPR RI, saya sangat mengapresiasi setinggi-tinggi dan sebesar-besarnya terhadap upaya modernisasi yang dilakukan oleh Badan Geologi, dalam hal ini untuk membuat portal Indonesia. Bagi saya, ini adalah sebuah langkah positif dalam rangka untuk masuk ke dalam babak baru atau era baru pasca pandemi ini," ujar Maman.

Menurut Maman, pasca pandemi, perilaku pribadi maupun institusional mengalami pergeseran dan perubahan yang sangat signifikan. "Portal geologi adalah sebuah bentuk pergeseran atau adaptasi terhadap tantangan zaman yang menurut saya perlu kita respon positif dan kita dukung," tegas Maman.

Selain memberikan apresiasi, Maman juga meminta Badan Geologi untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan kualitas data dan informasi yang ada di dalam portal Geologi Indonesia. Mengingat Salah satu manfaat portal geologi ini adalah memudahkan para pelaku di bidang kegeologian untuk mengakses segala hal terkait informasi kegeologian yang ada di Indonesia.

"Maka dari itu saya pikir ini penting dan baik untuk perlu ditingkatkan, harus dilakukan evaluasi-evaluasi terhadap performance dari portal ini, karena ke depan tentunya tantangan dan permasalahan-permasalahan dan kebutuhan akan semakin tinggi," tutur Maman.

Sebagai informasi, Pusat Survei Geologi, Badan Geologi Kementerian ESDM telah melakukan survei, penyelidikan dan pemetaan geologi dan geofisika di seluruh wilayah Indonesia yang terangkum dalam database geologi Indonesia. Kegiatan tersebut telah menghasilkan banyak data dasar kegeologian, ribuan publikasi dan 4.756 peta-peta geologi dan geofisika dalam berbagai tema dan skala.

Produk-produk tersebut dapat diakses secara fisik oleh publik dan masyarakat luas di Perpustakaan Pusat Survei Geologi. Perpustakaan geologi di Pusat Survei Geologi menyimpan data dan informasi geologi dari seluruh wilayah indonesia yang terhimpun sejak zaman penjajahan Belanda.

Portal Geologi Indonesia merupakan bagian dari transformasi pelayanan publik dalam bentuk penyedian informasi geologi yang terdiri dari leksikon stratigrafi, geomap, geoheritage (warisan geologi) dan cekungan sedimen. Lexicon stratigrafi menyajikan data dasar informasi 1.856 unit satuan litostratigrafi di seluruh Indonesia yang berasal dari peta geologi yang telah terbit.

Untuk melihat sebaran unit satuan litostratigrafi tersebut dalam tampilan geospasial, publik dapat membuka geomap. Geomap, tidak hanya menyediakan peta-peta dalam format raster, tetapi juga peta geologi dalam bentuk vector. Pengguna dapat mengunduh peta-peta yang dibutuhkan secara langsung. Bagi masyarakat yang ingin mengakses portal geologi Indonesia dapat mengakses di alamat https://geologi.esdm.go.id/geolindo

TAGS : Menteri ESDM Arifin Tasrif Luncurkan Portal Geologi Indonesia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :