Jum'at, 26/04/2024 18:46 WIB

Natalius Pigai: Jenderal Sigit Ubah Wajah Kepolisian dengan Inovasi dan Prestasi

kepercayaan masyarakat terhadap Polri meningkat

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam sebuah acara vaksinasi anak-anak.

Jakarta, Jurnas.com - Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai menilai Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengalami banyak perubahan dengan hadirnya berbagai Inovasi dan Prestasi.

Menurut Natalius, konsepsi Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan) yang digaungkan Jenderal Sigit terbukti berjalan hingga tahap implementasi di lapangan.

"Hal utama yang saya cermati adalah di bawah pimpinan Pak Listyo Sigit Kepolisian muncul sebagai institusi penegak hukum yang humanis dan emansipastoris," kata Natalius dalam acara Bedah Buku berjudul Wajah Polisi Presisi, Jumat (28/1/2022).

Ia juga menegaskan bahwa sesuatu yang tak bisa disangkal adalah kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin meningkat. Semua hasil survei menunjukkan itu, salah satunya Lembaga Kajian Strategi Kepolisian (LEMKAPI) yang menyebut tingkat kepercayaan masyarakat dari tahun 2016 sampai dengan 2021 semakin meningkat, yakni 86,3 persen

Natalius juga membeberkan survei Cyrus Network, bahwa tingkat kepercayaan masyarakat di tahun 2021 terhadap Polri mencapai 86,2 persen.

"Maka tentu saja hasil survei ini menunjukkan wujud nyata dari keberhasilan dan transformasi polisi yang presisi," tegasnya.

Ditambahkan Natalius, Polri di bawah kepemimpinan Listyo juga berhasil melakukan berbagai inovasi antara lain melalui kebijakan restorative justice, penghormatan terhadap hak asasi manusia, pelaksanaan pembangunan dalam melaksanakan penugasan tambahan pemerintah yang terbukti berhasil merebut kepercayaan masyarakat.

Natalius menyebutkan banyak sekali inovasi dan prestasi yang diraih institusi polisi selama 1 tahun terakhir yang bisa dirangkum melalui 16 program prioritas Kapolri dan 8 Komitmen Kapolri.

Hal-hal tersebut, lanjut Natalius mulai dari soal transformasi organisasi, transformasi personalia, pengembangan teknologi kepolisian, transformasi di bidang operasional dan penegakan hukum, transformasi pelayanan publik, dan transformasi dalam bidang pengawasan.

"Dan itu kalau dirinci satu per satu banyak sekali dan hal itulah yang membuat wajah Polri hari ini harus kita akui banyak berubah, jadi lebih humanis dan tentu saja makin dipercaya masyarakat," tandas Natalius.

Ia pun menyampaikan apresiasinya atas berbagai inovasi dan prestasi yang telah diraih kepolisian sambil berharap agar ke depan Polri terus konsisten menjalankan amanat dan tugas-tugasnya.

"Artinya apa yang telah dicapai hari ini tentu didapatkan dengan susah payah mulai dari komitmen pimpinan sampai lapisan insan Polri paling bawah, dan karena itu harus dijaga bersama agar tetap konsisten."

"Polisi Presisi itu adalah Polisi yang dicintai rakyat, dekat dengan rakyat, polisi yang menjawab kebutuhan masyarakat, polisi yang melayani masyarakat dengan sepenuh hati, polisi yang humanis dan emansipatoris," pungkas Natalius Pigai, Aktivis HAM.

KEYWORD :

Natalius Pigai Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Presisi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :