Kamis, 19/05/2022 12:59 WIB

Protes Soal Vaksinasi, Penyanyi Ini Dihapus dari Spotify

Platform musik streaming, Spotify, menghapus seluruh lagu milik Neil Young, setelah bintang rock itu meminta Spotify memilih antara dia dan podcaster Joe Rogan.

Logo Spotify ditampilkan di layar di lantai Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS, 3 Mei 2018.

New York, Jurnas.com - Platform musik streaming, Spotify, menghapus seluruh lagu milik Neil Young, setelah bintang rock itu meminta Spotify memilih antara dia dan podcaster Joe Rogan.

Pekan ini, Young menuding Spotify telah menyebarkan informasi palsu mengenai Covid-19. Karena itu, dia mengultimatum bahwa, "Mereka dapat memiliki Rogan atau Young. Tidak keduanya."

Rogan dikritik karena mewawancarai seorang spesialis penyakit menular yang menentang vaksin Covid-19 untuk anak-anak. Spotify "menyesali" wawancara itu, dan berharap dia segera kembali ke platform.

"Spotify menyebarkan informasi palsu tentang vaksin, berpotensi menyebabkan kematian bagi mereka yang percaya disinformasi yang disebarkan oleh mereka," kata Young dikutip dari BBC pada Kamis (27/1).

Dalam pernyataan lain yang diposting ke situs webnya pada Rabu lalu, dia menyebut raksasa streaming musik itu "rumah misinformasi Covid yang mengancam jiwa", serta menambahkan, "Kebohongan dijual demi uang."

Dia juga berterima kasih kepada label rekamannya, Reprise Records milik Warner Brothers, karena mendukung keputusannya, dengan mengatakan bahwa sekitar 60 persen dari semua musik streamingnya berasal dari pendengar Spotify.

"Terima kasih Warner Brothers karena mendukung saya dan menerima kerugian 60 persen dari pendapatan streaming saya di seluruh dunia atas nama Truth," tulisnya di laman resmi.

Spotify membayar US$100 juta untuk hak podcast The Joe Rogan Experience pada tahun 2020. Program ini adalah podcast teratas di Spotify, dan dilaporkan diunduh hampir 200 juta kali sebulan.

"Kami ingin semua konten musik dan audio di dunia tersedia untuk pengguna Spotify. Dengan itu muncul tanggung jawab besar dalam menyeimbangkan keamanan bagi pendengar dan kebebasan bagi pencipta," demikian keterangan Spotify.

"Kami memiliki kebijakan konten terperinci dan kami telah menghapus lebih dari 20.000 episode podcast yang terkait dengan Covid sejak awal pandemi," sambungnya.

Spotify memiliki lebih dari 300 juta pendengar bulanan, termasuk lebih dari 170 juta yang membayar untuk berlangganan layanan tersebut.

Platform itu juga pernah membela Rogan di masa lalu, termasuk setelah sebuah episode pada tahun 2020 yang menampilkan ahli teori konspirasi Alex Jones.

TAGS : Spotify Neil Young Informasi Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :