Sabtu, 21/05/2022 20:14 WIB

Tanam Mangrove di HUT Megawati, Risma: Menjaga Alam dan Kehidupan

Pohon Mangrove dan Cemara Udang

Tri Rismaharini saat penanaman pohon di Bali

Bali, Jurnas.com - Gerakan menanam pohon betul-betul menjadi tradisi yang terus dijalankan PDI Perjuangan, dan diikuti jajaran partai dengan disiplin.

Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Kebudayan Tri Rismaharini atau Risma pun ikut melakukan penanaman Pohon Mangrove dan Cemara Udang di beberapa wilayah di Provinsi Bali.

Adapun ini dilakukan dalam rangka dalam rangka HUT PDI Perjuangan ke-49 yang bertemakan "Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya" dan hari lahir Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Senang sekali pagi ini kita akan berusaha menyelamatkan bumi ini, seluruh bumi di dunia melalui penanaman mangrove di Bali," kata dia di Pantai Telaga Waja, Badung, Minggu (23/1/2022).

Risma menanam mangrove di pagi yang cerah. Tampak mendampinginya anggota DPR dapil Bali Ketut Karyasa, Sekretaris DPC PDIP Badung Putu Parwata dan ratusan kader PDIP.

Menurut wanita yang juga menjabat sebagai Menteri Sosial ini, penanaman tersebut tak hanya dilakukan di Bali tapi di berbagai daerah oleh seluruh kader PDI Perjuangan.

Dalam kesempatan itu, dirinya berpesan apa yang dilakukan partai dan kader-kader PDI Perjuangan ini adalah hal yang benar dan bisa membuat keberlangsungan kehidupan manusia terjaga.

"Yakinlah apa yang kita lakukan ini adalah sudah benar. Karena dengan merawat bumi, maka keberlangsungan kehidupan manusia akan semakin terjaga," jelas Risma.

Dia juga menuturkan, saat menjadi Dinas Kepala Kerbersihan di Surabaya, pernah belajar menanam Mangrove di Badung dan Denpasar. Kemudian hal tersebut diterapkannya di sana.

"Lalu kami menanam Mangrove di Surabaya, dulunya selalu terkena rob banjir, sekarang alhamdulillah banjir di kawasan pantai timur Surabaya," kata Risma.

Karena itu, masih kata dia, apa yang dilakukan PDI Perjuangan adalah suatu yang benar dalam merawat bumi.

"Karena itu tidak ada salahnya kita merayakan yang selalu kita kerjakan di PDI Perjuangan dengan cara merawat bumi," kata Risma.

Saat momen penanaman mangrove, Risma banyak bertanya soal teknis penanaman dan perawatannnya.

Yang menarik, saat jelang foto bersama di akhir agenda penanaman pohon itu, Risma menunjuk sejumlah bendera yang berkibar. Dia bertanya bagaimana caranya memasang bendera mangrove di pinggir laut.

"Bendera dipasang dengan memakai perahu bu," ucap Putu Parwata.

TAGS : penanaman pohon Mangrove Cemara Udang Tri Rismaharini Megawati Soekarnoputri




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :