Sabtu, 21/05/2022 22:20 WIB

Keputusan Jenderal Andika Tunjuk Mayjen Maruli Jadi Pangkostrad Dinilai Tepat

Pengamat menilai Maruli memiliki kemampuan intelijen yang baik. Tak hanya itu, Maruli juga dikenal sebagai sosok yang cerdas.

Susaningtyas NH Kertopati/antara

Jakarta, Jurnas.com – Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas NH Kertopati menegaskan penunjukan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa terhadap Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad sangat tepat.

Pengamat yang akrab disapa Nuning ini menilai Maruli memiliki kemampuan intelijen yang baik. Tak hanya itu, Maruli juga dikenal sebagai sosok yang cerdas dan memiliki latar belakang akademik yang baik.

“Mayjen Maruli Simanjuntak dikenal sebagai sosok cerdas , akademik, rendah hati dan memiliki kemampuan intelijen yang baik juga,” kata Nuning dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (22/1).

Nuning tak mau ambil pusing terkait fakta yang menyatakan Mayjen Maruli Simanjuntak adalah menantu Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi (Marives) Luhut Binsar Pandjaitan.

“Saya heran bila ada mantu Jendral naik pangkat pasti heboh. Padahal harusnya lihat juga yang bersangkutan berkemampuan yang baik ya,” ujar Nuning Kertopati.

Selain itu, Nuning juga melihat ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dikerjakan Pangkostrad baru. Diantaranya, meningkatkan kemampuan militer dan akademik SDM Kostrad.

“Juga meningkatkan pengetahuan kekinian seperti IT serta situasi kondisi negara yang dilanda pandemi Covid-19,” terang Nuning Kertopati.

Selain itu, Pangkostrad juga harus mampu meningkatkan kemampuan intelijen serta interoperabilitas prajurit dan perwira. Juga meningkatkan kemampuan prajurit dalam hadapi fluktuasi ancaman daerah konflik seperti Papua, Papua Barat dan Aceh, dan daerah lainnya,” ungkap Nuning Kertopati.

Seperti diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi Pangkostrad. Penunjukan menantu Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan ini berdasarkan surat keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Surat ini ditandatangani oleh Andika.

TAGS : Panglima TNI Andika Perkasa Pangkostrad Maruli Simanjuntak Menantu Luhut Binsar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :