Sabtu, 21/05/2022 19:30 WIB

Pasca Tsunami, Tonga Krisis Makanan dan Air Bersih

Bencana gempa dan tsunami yang bersumber dari letusan gunung Hunga-Tonga-Hunga, menyebabkan Tonga mengalami krisis makanan dan air bersih.

Letusan gunung di Tonga (Foto: Aljazeera)

Nuku`alofa, Jurnas.com - Bencana gempa dan tsunami yang bersumber dari letusan gunung Hunga-Tonga-Hunga, menyebabkan Tonga mengalami krisis makanan dan air bersih.

Letusan gunung berapi dikatakan sebagai yang terbesar sejak Pinatubo di Filipina pada tahun 1991, memicu tsunami dan menyelimuti negara kepulauan Pasifik itu dengan abu vulkanik.

"Komunikasi masih terputus dan sejauh mana kerugian terhadap nyawa dan harta benda saat ini tidak diketahui. Yang kami tahu adalah bahwa Tonga membutuhkan bantuan segera untuk menyediakan air minum dan makanan segar bagi warganya," kata Ketua Parlemen Lord Fakafanua dalam sebuah pernyataan yang dibagikan di media sosial dikutip dari Aljazeera pada Senin (17/1).

Pusat Penasihat Abu Vulkanik Darwin mengatakan gunung berapi itu meletus pada pukul 22:10 GMT pada Minggu, dengan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan telah mendeteksi gelombang besar di daerah itu.

"Ini mungkin dari ledakan lain gunung berapi Tonga. Tidak ada gempa bumi yang diketahui dengan ukuran signifikan untuk menghasilkan gelombang ini," ujarnya.

Australia dan Selandia Baru juga mengirim penerbangan pengintai untuk menilai kerusakan di Tonga, dan mengatakan mereka berkoordinasi dengan Amerika Serikat, Prancis, dan negara-negara lain dalam tanggapan kemanusiaan.

Menteri Pasifik Australia, Zed Seselja, mengatakan laporan awal menunjukkan tidak ada korban massal dan bahwa bandara "tampaknya dalam kondisi yang relatif baik", tetapi ada "kerusakan signifikan" pada jalan dan jembatan.

Palang Merah telah menawarkan bantuannya dan Forum Kepulauan Pasifik mengatakan siap membantu dalam apa yang digambarkannya sebagai "bencana alam sekali dalam satu milenium".

"Dalam beberapa jam dan hari mendatang kita akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang situasi di Tonga, serta Benua Pasifik Biru lainnya," kata Sekretaris Jenderal Henry Puna dalam sebuah pernyataan.

Efek letusan terasa di seluruh Pasifik, di negara-negara kepulauan lain seperti Fiji, di mana video yang dibagikan di media sosial merekam suara ledakan letusan, dan di Amerika Utara dan Selatan. Awan abu yang sangat besar sekarang menyebar ke barat menuju Australia.

TAGS : Tonga Tsunami Gempa Bumi Krisis Makanan Air Bersih




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :