Sabtu, 21/05/2022 23:04 WIB

Indonesia Presidensi G-20, Megawati: Gelorakan Semangat `To Build The World A New`

kesetaraan hak dan kewajiban semua negara di dunia

Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, menyampaikan pidato politik di HUT ke-49 PDI Perjuangan 10 Januari 2022.

Jakarta - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Soekarnoputri/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Megawati Soekarnoputri mengajak Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin menggelorakan semangat `To Build The World A New` dalam kepemimpinan di organisasi G-20.

Menurut Megawati, hal itu menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus dijalani. Modalnya adalah Pancasila.

"Kepercayaan dunia internasional atas kepemimpinan Indonesia di G-20. Presidensi Indonesia ini menggelorakan kembali apa yang dimaksud oleh Bung Karno dengan To Build the World a New," kata Megawati dalam pidatonya di puncak perayaan HUT PDIP ke-49, Senin (10/1/2022).

Untuk diketahui, pada 30 September 1960, Soekarno berpidato di Gedung PBB, di New York, Amerika Serikat. Dalam pidato berdurasi sekitar 90 menit itu, Soekarno menyampaikan pidato yang bersemangat.

Isinya menelanjangi habis-habisan sistem atau konsep yang dibangun oleh Barat selama berabad-abad serta dampaknya pada keberlangsungan dunia.

Pidato itupun dianggap menggemparkan dunia pada saat itu. Sebab Soekarno mendorong kesetaraan hak dan kewajiban antara semua negara di dunia. Dan mengajak agar dunia baru yang lebih adil dibangun.

TAGS : Megawati Soekarnoputri Presidensi G-20 Soekarno Presiden Joko Widodo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :