Sabtu, 20/04/2024 12:13 WIB

Internasional

Benjamin Tolak Niat Baik Presiden Prancis

Tidak kali ini saja, Benjamin menolak usulan konferensi itu. Namun Prancis telah berupaya meyakinkan Netanyahu untuk melakukan pertemuan dengan Abbas di Paris. 

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu

Paris - Keinginan Presiden Prancis, Francois Hollande untuk menyelenggarakan konferensi perdamaian internasional antara Israel dan Palestina di Paris pada akhir Desember, ditolak oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Tidak kali ini saja, Benjamin menolak usulan konferensi itu. Namun Prancis telah berupaya meyakinkan Netanyahu untuk melakukan pertemuan dengan Abbas di Paris.  "Guna menghidupkan kembali perundingan perdamaian yang hampir mati antara Israel dan Palestina," kata Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Marc Ayrault.

"Netanyahu mengatakan kepada Hollande bahwa kalau konferensi internasional di Paris ditiadakan, ia akan datang bertemu dengan Abu Mazen (Mahmoud Abbas) untuk berunding secara langsung tanpa prasyarat," menurut  pernyataan yang mengatakan bahwa Netanyahu telah berbicara kepada Hollande dilansir Ant.

"Israel tidak akan berpartisipasi dalam konferensi internasional yang tidak memberikan sumbangan dalam (upaya) mencapai perdamaian," tambahnya seperti dikutip Reuters.

Prancis berkeyakinan bahwa dengan membawa kedua pemimpin untuk bertemu Hollande satu hari setelah konferensi, pihaknya membuka kesempatan menjawab tuduhan-tuduhan bahwa prakarsa Prancis itu ditujukan untuk mencari penyelesaian secara multilateral.

"Kita harus menciptakan kondisi bagi penyelesaian dua-negara dan kami saat ini sangat bertekad untuk melakukan apa pun untuk mewujudkan inisiatif kita. Semakin cepat, semakin baik," kata Ayrault kepada para wartawan dalam jumpa pers bersama mitranya dari Spanyol, Alfonso Dastis.

Konferensi tingkat menteri luar negeri tersebut diarahkan untuk menyetujui pernyataan bersama yang akan menegaskan penyelesaian dua-negara berdasarkan perbatasan sebelum 1967 dan sesuai dengan resolusi-resolusi Dewan Keamanan, kata para diplomat.

KEYWORD :

Perdamaian Palestina Benjamin Netanyahu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :