Jum'at, 26/04/2024 23:40 WIB

Trump Dukung Pemimpin Sayap Kanan Hongaria

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan, Trump menulis, pemimpin Hungaria itu mendapatkan

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban mendengarkan saat Presiden AS Donald Trump berbicara kepada pers sebelum pertemuan di Ruang Oval pada 13 Mei 2019 (Foto: AFP/File/Brendan Smialowski)

WASHINGTON, Jurnas.com - Mantan presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dengan antusias mendukung terpilihnya kembali Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban, seorang pahlawan sayap kanan yang telah dituduh merayap otoritarianisme.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan, Trump menulis, pemimpin Hungaria itu mendapatkan "Dukungan dan Pengesahan Penuh" dalam pemilihan yang diharapkan pada bulan April.

"Dia telah melakukan pekerjaan yang kuat dan luar biasa dalam melindungi Hungaria, menghentikan imigrasi ilegal, menciptakan lapangan kerja, perdagangan, dan harus dibiarkan terus melakukannya di Pemilu mendatang. Dia adalah pemimpin yang kuat dan dihormati oleh semua orang," tulis Trump.

Trump menyambut Orban ke Gedung Putih pada 2019, sebuah penerimaan simbolis untuk perdana menteri yang sering bentrok dengan kepemimpinan Uni Eropa dan dilecehkan baik oleh Presiden Joe Biden maupun pendahulu Trump, Barack Obama.

Beberapa pejabat pemerintahan Trump pada saat itu berpendapat, tujuannya adalah mempertahankan pemimpin Barat yang menggoda Rusia, dan kemudian menteri luar negeri Mike Pompeo membuat pertemuan dengan para aktivis yang bertabrakan dengan Orban selama kunjungan ke Budapest.

Tetapi Orban semakin dipuji baik oleh sayap Trump dari Partai Republik dan para pemimpin sayap kanan Eropa seperti Marine Le Pen dari Prancis, terutama atas penolakannya untuk menerima pengungsi.

Orban juga berusaha untuk memobilisasi dukungan pada oposisi terhadap hak-hak LGBTQ, dengan larangan promosi dan tampilan homoseksualitas dan referendum terkait diharapkan pada hari yang sama dengan pemilihan.

Orban, yang telah memimpin sejak 2010, menghadapi tantangan serius dari Peter Marki-Zay, yang menggambarkan dirinya sebagai konservatif Katolik tradisional dan telah bersumpah untuk membatalkan undang-undang homofobia jika terpilih.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Donald Trump Amerika Serikat Hongaria Viktor Orban




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :