Rabu, 19/01/2022 04:38 WIB

Yakin Berhenti Kerja karena Jenuh? Coba Dulu Strategi Ini

Singkirkan rasa jenuh tersebut dengan berbagai strategi ini

Ilustrasi orang yang menyenangkan di tempat kerja (foto: kaskus)

Jakarta, Jurnas.com – Lumrah saja bagi seorang pegawai mengalami kejenuhan dalam bekerja. Namun bila dibiarkan akan membuat Anda semakin malas dan parahnya timbul rasa tertekan serta tidak nyaman menjalani pekerjaan. Segeralah Anda atasi perasaan bosan tersebut.

Kejenuhan yang melanda ini akan menimbulkan Anda berkeinginan untuk berhenti dari perusahaan lalu mulai mencari pekerjaan di tempat lain atau memulai meniti usaha baru. Sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum Anda mengambil keputusan ini.

Ada baiknya Anda mencoba untuk bertahan dengan karir sekarang ini. Singkirkan rasa jenuh tersebut dengan berbagai strategi ini :

Bangun semangat kerja

Kala rasa bosan mulai timbul, coba rilekskan pikiran. Anda dapat beranjak untuk membuat kopi sendiri atau bercanda sejenak dengan teman. Pikiran yang tegang pun akan mulai tenang sehingga Anda dapat melanjutkan pekerjaan kembali.

Jangan lewatkan waktu istirahat

Anda dapat manfaatkan waktu istirahat ini dengan maksimal. Anda dapat mengajak beberapa teman untuk bergabung mengisi perut yang lapar bersama. Carilah menu makanan yang Anda sukai dan santaplah dengan tenang sambil bercanda dengan teman. Usahakan topik pembicaraan Anda diluar urusan kantor, sehingga tidak membosankan jika memulai bekerja nanti.

Olahraga ringan

Dengan tumpukan pekerjaan tentu akan membuat Anda semakin penat. Anda dapat melakukan olahraga ringan di kursi kerja untuk mereggangkan otot-otot yang tegang. Latih pernapasan juga dapat membantu menenangkan pikiran. Tarik napas panjang pelan-pelan kemudian hembuskan melalui mutut dengan perlahan, lakukanlah beberapa kali.

Pejamkan mata

Anda dapat pejamkan mata lima menit sambil senderkan badan dan kepala agar rileks. Selama melakukan ini, usahakan berhenti memikirkan pekerjaan. Usahakan atur napas dengan tenang dan teratur.

Berpikiran positif

Anda tentu melalui banyak perjuangan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut dengan karir yang sudah Anda raih saat ini. Belum lagi, pundi-pundi  yang Anda terima sekarang ini. Jadikanlah  motivasi untuk terus maju untuk meraih posisi yang lebih baik. Kendala dalam pekerjaan jangan dijadikan hambatan Anda untuk meraih sukses.

Ambil Cuti

Anda dapat mengambil cuti beberapa hari untuk menyenangkan dan meyegarkan pikiran. Anda dapat rekreasi bersama keluarga yang selama ini tertunda. Bukan itu saja, Anda juga dapat melakukan travelling seorang diri dengan mencari destinasi yang selama ini belum pernah Anda kunjungi. Wisata kuliner, memanjakan diri di salon atau pergi ke gym untuk membugarkan tubuh dapat juga Anda lakukan.

Bersyukur

Anda tentu memahami saat ini mencari pekerjaan tidaklah mudah. Banyak orang yang tidak mempunyai kesempatan seperti Anda. Meniti usaha mandiri pun juga membutuhkan strategi yang matang dan modal yang besar. Anda harus persiapkan mental bila tidak sesuai dengan perkiraan.

Pindah di tempat kerja baru pun juga ada resikonya karena belum tentu di perusahaan lain Anda akan lebih baik dari tempat kerja saat ini. Bukan hanya karir dan pendapatan saja yang perlu Anda pikirkan, tetapi jarak tempat kerja juga harus diperhitungkan. Selain itu, mendapatkan rekan kerja yang menyenangkan juga perlu Anda pertimbangkan.

Lagipula, dampak jika Anda sering berpindah-pindah tempat di bidang pekerjaan yang berbeda-beda dan tak ada benang merah sama sekali dari pekerjaan Anda yang sebelumnya, tentu hal ini akan menjadi pertanyaan bagi pihak HRD di perusahaan baru yang Anda lamar. Anda akan dianggap mudah menyerah ketika alami masalah, sulit beradaptasi di lingkungan kerja yang baru dan tidak tahu apa yang sedang Anda cari.

 

TAGS : Berhenti kerja Jenuh Strategi Dampak




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :