Kamis, 18/07/2024 02:24 WIB

Gempa Aceh, PMI: 20 Orang Meninggal Dunia

Akibat gempa bumi tektinik kekuatan 6,5 SR di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, mengakibatkan 20 orang meninggal dunia dan sejumlah rumah roboh.

Sejumlah Rumah Roboh Akibat Gempa Bumi di Aceh

Jakarta - Akibat gempa bumi tektonik kekuatan 6,5 SR di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, mengakibatkan 20 orang meninggal dunia dan sejumlah rumah roboh.

Berdasarkan informasi dari Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Rudianto, hingga saat ini sebanyak 20 orang meninggal dunia dan puluhan orang menangalami luka-kuka.

"Hingga saat ini ada 20 orang meninggal dunia dan sejumlah orang korban luka-luka," kata Rudianto, saat dikonfirmasi salah satu stasiun televisi swasta, Jakarta, Rabu (7/12).

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pukul 05. 03.36 WIB dengan kekuatan M=6,5.

"Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 KM," kata Sutopo.

Menurutnya, pusat gempa dangkal dan sumber gempa berasal dari sesar aktif Samalanga-Sipopok Fault.

"Jalur sesarnya berarah barat daya-timur laut. Diperkirakan bangunan tidak tahan gempa akan mengalami kerusakan," jelas Sutopo.

KEYWORD :

Gempa Guncang Aceh Gempa Bumi di Aceh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :