Rabu, 17/07/2024 02:30 WIB

Gempa 6,5 SR Guncang Aceh

Telah terjadi gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,5 SR di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12). Gempa tidak berpotensi tsunami.

Gempa Bumi di Aceh

Jakarta - Telah terjadi gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,5 SR di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12). Gempa tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melaporkan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pukul 05. 03.36 WIB dengan kekuatan M=6,5.

"Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 KM," kata Sutopo, melalui rilisnya, Jakarta, Rabu (7/12).

Menurutnya, hasil analisis peta tingkat guncangan dari BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

"Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempabumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser," ujar Sutopo.

KEYWORD :

Gempa Bumi Aceh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :