Minggu, 28/04/2024 21:04 WIB

Inovasi

Pemerintah China Kembangkan "Revolusi Toilet"

Selain berfungsi sebagai dekorasi cantik, kaca besar itu juga jadi cara pemerintah Bishan menghemat biaya listrik.

Salah satu kemewahan toilet umum di China setelah kerap dianggap negara jorok dalam fasilitas bagi turis.

Jakarta - Negeri China memang dikenal sebagai tempat destinasi wisata menarik di dunia. Dari menelurusi rumah dinasti hingga lokasi budaya lainnya. Namun jangan kaget, China menjadi tempat yang tidak nyaman saat berada di toilet umum. Tidak hanya kotor, ada juga yang tanpa pintu dan kebanyakan toilet jongkok dengan kondisi seadanya.

Tidak ingin stempel jorok itu, maka Pemerintah China melakukan revolusi toilet di tempat-tempat wisatawan asing. Tidak tanggung-tanggung, kenyamanan toilet bagaikan berada di bintang lima.

Dilansir cnn, Salah satunya toilet umum yang berlokasi di Distrik Bishan, Provinsi Chongqing. Dari situs Oddity Central, toilet berukuran 150 meter persegi itu punya fasilitas dan amenitas layaknya toilet di hotel berbintang. Lantainya marmer dengan pintu kayu mahoni dan kartas dinding elegan. Di dalam toilet pun terdapat lampu gantung kristal serta sofa yang membuat orang betah berlama-lama.

Pada saat musim dingin, ruangan toilet dilengkapi  pemanas. Sementara, di musim panas, penyejuk udara akan mempertahankan temperatur udara di suhu 26 derajat Celsius. Tak cuma itu, turis tidak akan lagi menemukan toilet jongkok, melainkan toilet modern dengan tombol pengatur suhu pada dudukan toilet, juga tombol pengatur tekanan air.

Tenang saja, tidak perlu ada rasa kesepian. Karena,  saat masuk ke dalam toilet seorang diri, musik diputar selama 24 jam. Untuk semua fasilitas itu, toilet tersebut dilaporkan menghabiskan biasa sebesar 800 ribu yuan atau Rp1,5 miliar.

Salah seorang pengguna toilet bintang lima tersebut mengatakan, fasilitas paling mengagumkan adalah kaca besar yang menghadap ke taman.

“Kita bisa melihat pemandangan cantik saat di toilet, bukan hanya dinding seperti yang selama ini ada di toilet umum,” kata Xu Wan.

Tidak perlu khawatir malu, kaca besar tersebut bersifat satu arah, sehingga hanya transparan dari dalam. Sementara dari luar, atau arah taman, kaca tersebut berfungsi layaknya cermin.

Selain berfungsi sebagai dekorasi cantik, kaca besar itu juga jadi cara pemerintah Bishan menghemat biaya listrik. Pasalnya, saat siang hari, kaca tersebut membuat cahaya matahari bebas masuk dan menerangi seluruh ruangan.

Toilet bintang lima di Bishan memang yang pertama, tapi China juga sebelumnya telah membangun toilet umum yang lebih dari nyaman. Toilet yang dimaksud berlokasi di Xiamen. Toilet umum itu dibangun menyerupai gedung bergaya kolonial. Sayangnya, karena kurangnya petunjuk arah, tidak banyak orang yang mengetahui bangunan tersebut sebenarnya toilet yang diperuntukkan bagi publik.

KEYWORD :

Revolusi Toilet China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :