Rabu, 24/04/2024 13:46 WIB

Wujudkan Indonesia Bebas Stunting, Kepala BKKBN Kukuhkan Bunda Genre se-Jawa Timur

Bunda Genre sebagai ibu dari remaja-remaja Genre di berbagai tingkatan wilayah memiliki peran penting dalam pengasuhan dan pendampingan tumbuh-kembang remaja, termasuk dalam mendukung upaya pendewasaan usia perkawinan.

Acara Sosialisasi Pencegahan Stunting dari Hulu bagi Calon Pengantin dan Pengukuhan Bunda Genre (Generasi Berencana) se-Jawa Timur sebagai Duta Penurunan Stunting yang dilaksanakan di Hotel Wyndham, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/12).

SURABAYA, Jurnas.com - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo mengukuhan Bunda Genre (Generasi Berencana) se-Jawa Timur sebagai Duta Penurunan Stunting.

"Saya percaya Bunda Genre sebagai ibu mampu berperan secara optimal mengantar remaja menjadi calon orang tua, Pasangan Usia Subur (PUS) dan calon ibu untuk bisa melahirkan anak berkulitas guna mewujudkan Indonesia emas bebas stunting," kata Hasto.

Hal itu dia sampaikan pada Acara Sosialisasi Pencegahan Stunting dari Hulu bagi Calon Pengantin dan Pengukuhan Bunda Genre (Generasi Berencana) se-Jawa Timur sebagai Duta Penurunan Stunting yang dilaksanakan di Hotel Wyndham, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/12).

Hasto mengatakan, Bunda Genre sebagai ibu dari remaja-remaja Genre di berbagai tingkatan wilayah memiliki peran penting dalam pengasuhan dan pendampingan tumbuh-kembang remaja, termasuk dalam mendukung upaya pendewasaan usia perkawinan.

"Peran tersebut sangat penting dalam upaya percepatan penurunan stunting," tegas Hasto Hasto

Sementara itu, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera-Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN, Nopian Andusti menjelaskan, aejak awal 2000-an, BKKBN menginisiasi Program Genre yang salah satu tujuannya adalah mempersiapkan remaja sebagai calon pasangan usia subur agar memiliki perencanaan dan mempersiapkan diri dalam membangun keluarga.

"Salah satu misi dari Program Genre adalah pendewasaan usia perkawinan. Ini sangat relevan dengan pencegahan stunting dari hulu karena usia saat menikah dan hamil menjadi salah satu faktor risiko yang dapat melahirkan anak stunting. Makin muda usia ibu saat hamil dan melahirkan, makin berisiko melahirkan anak yang stunting," imbuh dia.

Karena itu,  dia berharap, melalui peran penting Bunda Genre sebagai Duta Penurunan Stunting, target penurunan stunting menjadi 14 persen di tahun 2024 dapat tercapai.

"Bunda genre se-Jatim siap menjadi duta stunting dan berkomitmen untuk bersinergi dalam penurunan stunting dan mewujudkan Indonesia zero stunting," harap Nopian.

Selain pengukuhan Bunda Genre se-Jawa Timur, dalam acara tersebut Hasto juga menyerahkan Penghargaan Inovasi Cegah Stunting 2021 kepada Kabupaten Malang dan Kabupaten Nganjuk.

KEYWORD :

Generasi Berencana Bunda Genre BKKBN Hasto Wardoyo Nopian Andusti Jawa Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :