Selasa, 05/07/2022 13:58 WIB

Komindo Bentuk Market Place Atasi Persoalan UMKM Di Masa Pandemi

Komindo sudah terbentuk di 131 Kabupaten/Kota. Kami tidak terbentuk di provinsi tapi langsung Kabupaten/Kota agar percepatannya atau penanggulangannya cepat. Kalau di propinsi harus melalui birokrasi, jadi kita potong birokrasi langsung ke Kabupaten/Kota.

Ketua Pengurus Koperasi UMKM Indonesia (Komindo) Sejahtera, Imlahyudin. (Foto: Dok. Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Imlahyudin SE dikukuhkan sebagai Ketua Pengurus Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera Se-Indonesia (Komindo) oleh Ketua MPR RI H Bambang Soesatyo SE MBA di Gedung Nusantara IV MPR RI, Senayan, (Kamis, 9/12).

Pengukuhan Pengurus Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera ini dibarengi dengan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dengan tema `Ekonomi Pancasila Menjadi Solusi Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi`.

Menurut Imlahyudin, Komindo juga menggelar Rapat Akhir Tahun (RAT) sebelum dilakukan pengukuhan. Adapun RAT diikuti seluruh pengurus Komindo dari 131 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

"Komindo sudah terbentuk di 131 Kabupaten/Kota. Kami tidak terbentuk di provinsi tapi langsung Kabupaten/Kota agar percepatannya atau penanggulangannya cepat. Kalau di propinsi harus melalui birokrasi, jadi kita potong birokrasi langsung ke Kabupaten/Kota," ungkap Imlahyudin.

Untuk agenda hari kedua hari ini, lanjut dia, pengukuhan pengurus dibarengi dengan sosialisasi ekonomi Pancasila oleh Bambang Soesatyo. Bukan dalam kapasitasnya sebagai Ketua MPR RI, melainkan sebagai Ketua Dewan Penasehat Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera.

"Bapak Bambang Soesatyo itu Ketua Dewan Penasehat Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera," terang Imlahyudin.

Dia menjelaskan, pengurus telah mengagendakan program jangka panjang dan jangka pendek. Jangka pendek, Komindo memprioritaskan perekrutan anggota. Sementara untuk jangka panjang pihaknya mengagendakan pengumpulan dana untuk trading.

"Jangka panjangnya, setelah terkumpul dana kita jadi trading, serba usaha. Lalu dari keuntungan itu ke SHU," jelasnya.

Di sisi lain, Imlahyudin SE juga membeberkan permasalahan yang dihadapi Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera sebagaimana koperasi secara umum. Yakni menyangkut produksi, pemasaran dan permodalan.

Di masa pandemi Covid-19, lanjut dia, pemasaran menjadi permasalahan yang mau tidak mau dihadapi oleh Koperasi UMKM Indonesia Sejahtera di berbagai daerah di Indonesia. Dimana pada masa pandemi ini semua dituntut untuk melakukan pemasaran secara online.

"Di masa pandemi itu lebih banyak secara online, sehingga kita bentuk Market Place. Secara offline kan dibatasi jadi kita sekarang secara online," ucapnya.

Ditekankan pula mengenai pentingnya pembentukan mental berwirausaha bagi pelaku UMKM. Mental wirausaha ini harus seiring sejalan dengan program pendampingan, dengan begitu UMKM tidak gagal fokus dalam menjalankan usahanya.

TAGS : Warta MPR UMKM Komindo Sejahtera Imlahyudin Market Place Koperasi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :