Kamis, 27/01/2022 00:13 WIB

Polbangtan Kementan Perkuat Saka Tarunabumi

Melalui kolaborasi program pendidikan vokasi dan Gerakan Pramuka, maka mahasiswa akan dibina jiwa dan mentalitasnya agar mampu mencintai pertanian hingga ke relung hati serta menguasai keilmuan pertanian melalui aktivitas penyuluhan dan pelatihan vokasi.

Pada Jumat lalu, Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang (YoMa), Bambang Sudarmanto, resmi dilantik menjadi anggota Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka (MABISAKA) Tarunabumi.

YOGYAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) memaksimalkan gerakan Pramuka di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, gerakan Pramuka adalah modal sebuah bangsa, negara dan daerah untuk menjadi lebih baik. "Pramuka itu intinya adalah kekuatan bangsa yang bagaikan oksigen yang harus dihirup semua anak bangsa," ujar Syahrul.

Mantan gubernur dua periode Sulawesi Selatan itu juga menegaskan bahwa Pramuka harus menjadi gerakan kemanusiaan yang memiliki kepedulian yaitu harus peduli lingkungan dan sekitar.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan Kementan berkomitmen memajukan dan menambah SDM pertanian yang berkualitas, salah satunya melalui program kepramukaan Saka Tarunabumi.

"Seluruh kegiatan pertanian dan pendidikan vokasi juga harus sinergi dengan program Pramuka, untuk sama-sama membangun milenial yang andal," jelas Dedi.

Menurutnya, melalui kolaborasi program pendidikan vokasi dan Gerakan Pramuka, maka mahasiswa akan dibina jiwa dan mentalitasnya agar mampu mencintai pertanian hingga ke relung hati serta menguasai keilmuan pertanian melalui aktivitas penyuluhan dan pelatihan vokasi.

Pada Jumat lalu, Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang (YoMa), Bambang Sudarmanto, resmi dilantik menjadi anggota Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka (MABISAKA) Tarunabumi.

Bertempat di Ruang Rapat Wijaya Kusuma Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Bambang dilantik bersama dengan Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Balai lingkup Kementan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Bambang mengatakan akan ada tanggungjawab yang menyertainya. "Sebagai MABISAKA kami bertanggungjawab dan harus siap untuk memberikan bimbingan, dukungan, dan bantuan yang bersifat moril, material, finansial, dan konsultasi dalam rangka pembinaan Satuan Karya Pramuka Tarunabumi ini," katanya.

Pramuka Saka Tarunabumi merupakan suatu wadah pendidikan dan pembinaan untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, serta menambah pengalaman bagi Pramuka Pengek dan Pramuka Pandega di bidang pertanian.

Dalam kegiatan ini juga turut dilantik Pimpinan Satuan Karya (PINSAKA). Pinsaka terdiri dari 7 bidang yaitu Krida Peternakan, Krida Tanaman Pangan, Krida Hortikultura, Krida Perkebunan, Krida Ketahanan Pangan, Krida Perikanan, dan Bidang Teknik Kepramukaan (SDM).

Salah satu Dosen sekaligus Ketua Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan Polbangtan YoMa, Sukadi, turut didapuk menjadi PINSAKA koordinator Bidang Teknik Kepramukaan (SDM).

"Tugas PINSAKA pada dasarnya yaitu melaksanakan bimbingan kepada semua jajaran Satuan Karya Pramuka Tarunabumi agar selaras dengan visi dan misi Gerakan Pramuka," jelas Sukadi usai pelantikan.

TAGS : Polbangtan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi BPPSDMP Yogyakarta Magelang Bambang Sudarmanto




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :