Sabtu, 20/04/2024 22:33 WIB

AS Desak Warganya Hindari Perjalanan ke Prancis dan Yordania

CDC sekarang mencantumkan 83 tujuan di klasifikasi

Penumpang mengantre di dalam terminal di Bandara Internasional Newark Liberty di Newark, New Jersey, pada 24 November 2021 (Eduardo Munoz/ Reuters)

WASHINGTON, Jurnas.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Amerika Serikat (AS) menyarankan warga Amerika agar tidak bepergian ke Prancis, Yordania, Portugal, dan Tanzania, dengan alasan kekhawatiran COVID-19.

CDC sekarang mencantumkan 83 tujuan di klasifikasi "Level 4: Sangat Tinggi". Badan tersebut pada Senin (6/12) menambahkan Andorra, Siprus, dan Liechtenstein ke tingkat nasihat perjalanan tertinggi.

Prancis mengatakan Senin akan menutup klub malam menjelang Natal dan memperketat langkah-langkah jarak sosial sebagai tanggapan terhadap varian Omicron yang muncul dari COVID-19, tetapi tidak perlu untuk penguncian atau jam malam baru.

Perdana Menteri Jean Castex mengatakan gelombang kelima pandemi melonjak, tetapi dengan 52 juta orang sekarang divaksinasi atau hampir 90 persen dari mereka yang memenuhi syarat situasinya lebih baik daripada wabah sebelumnya.

AS memberlakukan aturan baru, efektif Senin, yang mewajibkan pelancong udara internasional yang tiba di AS  untuk mendapatkan tes COVID-19 negatif dalam satu hari perjalanan.

Di bawah aturan sebelumnya, pelancong udara internasional yang divaksinasi dapat menunjukkan hasil tes negatif yang diperoleh dalam waktu tiga hari sejak hari keberangkatan mereka.

Beberapa pejabat maskapai mengatakan kepada Reuters ada masa tenggang tiga hari untuk memungkinkan beberapa pelancong kembali ke Amerika Serikat dengan tes yang dilakukan di luar jendela satu hari.

Seorang juru bicara CDC menolak untuk mengkonfirmasi hal itu tetapi mengatakan "CDC menerapkan beberapa kebijaksanaan penegakan karena persyaratan ini diberlakukan."

Efektif 29 November, Gedung Putih melarang hampir semua warga negara asing memasuki AS dari delapan negara Afrika selatan karena kekhawatiran penyebaran varian Omicron, tetapi belum memperpanjang pembatasan perjalanan tersebut ke negara lain di mana varian baru telah ditemukan.

Prancis mengatakan Senin bahwa pihaknya telah mengidentifikasi 25 kasus positif varian Omicron.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Senin bahwa pembatasan perjalanan Afrika "sedang dievaluasi dan dibahas setiap hari." (Reuters)

KEYWORD :

Afrika Selatan Varian B11529 Omicron Amerika Serikat Larangan Perjalanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :