Kamis, 18/04/2024 21:25 WIB

PKB Tetap Yakin Bisa Usung Cak Imin Capres 2024

sejak muda sebagai aktivis

Jazilul Fawaid (Gus Jazil) badan Pemenangan Pemilu DPP PKB saat pelatihan bersama DPW PKB NTT di Manggarai Barat

Manggarai Barat, Jurnas.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih tetap optimis dapat mengusung Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai capres 2024, karena hingga kini belum ada sosok figir yang benar-benar kuat dan menonjol.

Sejumlah nama muncul sebagai tokoh potensial untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, dari nama-nama yang ada, belum satupun yang elektabilitasnya di atas 30 persen. 

Wakil Ketua Umum DPP PKB badan Pemenangan Pemilu Jazilul Fawaid mengatakan, kondisi bursa Capres saat ini sangat berbeda dengan ketika menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu, dimana saat itu nama Joko Widodo (Jokowi) begitu dominan sebagai capres petahana. 

”Karena itu, PKB terus akan berjuang untuk mencalonkan Gus Muhaimin (Cak Imin), ketum PKB, sebagai capres. Kalau ada yang bertanya siapa yang akan dicalonkan PKB, jawabannya satu: Gus Muhaimin," tegas Gus Jazil.

"Kalau ada calon lain yang ingin diduetkan, Pak Ganjar, Pak Anies, Pak Ridwan Kamil, ya oke saja. Tapi Gus Muhaimin capresnya,” lanjutnya saat memberikan pengarahan dalam kegiatan Coaching Clinic Pemenangan Pemilu 2024 bersama Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Sabtu (4/12/2021) malam.

Menurutnya, Cak Imin sebagai tokoh yang memiliki track record panjang sejak muda sebagai aktivis, pimpinan DPR, MPR, menteri, dan terbukti sukses memimpin PKB.

Gus Jazil pun memberikan contoh perbandingan, dulu tak ada yang menyangka Gus Dur bisa jadi presiden dan nyatanya berhasil menjadi RI1. Semua pengamatan salah. Kiai Ma’ruf Amin juga tidak terekam survei, tapi berhasil jadi wapres.

Demikian pun halnya dengan Cak Imin Capres 2024, meski saat ini tak banyak terekam dalam survei, tapi PKB akan terus bangun momentum dan bergerak. "Kita sekarang punya 58 kursi di DPR, masak kita enggak yakin. Keyakinan itu penting,” tuturnya.

Gus Jazil mengatakan, pada Pemilu 2024 mendatang, tidak ada capres petahana sehingga semua tokoh yang maju memiliki peluang yang sama.

Ia juga berani membandingkan Cak Imin dengan tokoh-tokoh lain yang muncul, baik dari track record perjuangan maupun pengalamannya.

Menurutnya, jika Cak Imin bisa memimpin Indonesia, Wakil Ketua MPR ini memastikan akan tegak lurus bekerja untuk kepentingan masyarakat.

”2024 adalah momentum karena tak ada incumbent, itu momentum bagus makanya kita harus usung Gus Muhaimin,” urainya.

Gus Jazil pun mengajak seluruh kader dan pengurus PKB, khususnya di Provinsi NTT untuk terus menggelorakan nama Cak Imin Capres 2024, sebagai capres pada 2024 mendatang.

Apalagi PKB merupakan salah satu provinsi di luar Jawa yang memiliki kekuatan. Saat ini, di dua dapil di NTT, PKB mampu meloloskan dua kadernya duduk di Senayan.

Juga 72 anggota DPRD kabupaten/kota dan 7 anggota DPRD Provinsi. Padahal dulu tidak ada yang menyangka PKB NTT bisa mengirimkan dua wakilnya ke Senayan. "Itu harus kita jaga dan tingkatkan," ungkap Gus Jazil. 

Menurutnya, PKB adalah simbul pluralisme. Semua suku, ada, agama ada di PKB. Ia juga menyebut PKB taman bunga dan tak ada partai seindah taman bunga selain di PKB. Adat istiadat, agama apapun ada di PKB dengan damai.

Dalam kesempatan coaching clinic tersebut, seluruh pengurus DPW dan DPC PKB se-NTT menggelorakan yel-yel, ”PKB bangkit, solid, menang. Gus Muhaimin Presiden 2024”.

Sementara itu, Ketua DPW PKB NTT Aloysius Malo Ladi mengatakan bahwa DPW PKB NTT sangat siap untuk memenangkan Pemilu Serentak 2024 dan siap memenangkan Cak Imin sebagai presiden 2024.

"Kita PKB NTT dalam Pilkada Serentak lalu juara umum. Kita mampu memenangkan calon yang kita dukung di enam pilkada dari 9 pilkada yang digelar di NTT,” katanya.

Aloy optimistis setelah digelar kegiatan coaching clinic ini akan memberikan nilai tambah untuk menanta, mengubah dan memperjuangkan PKB di NTT menjadi lebih besar.

”Kalau kita bekerja sama DPP, DPW, DPC, DPAC, semuanya, tidak mustahil kita menambah kursi dan target 100 kursi DPR RI bisa tercapai,” kata Aloy. 

KEYWORD :

Abdul Muhaimin Iskandar Cak Imin Capres 2024 Jazilul Fawaid PKB NTT




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :