Rabu, 19/01/2022 05:12 WIB

Jokowi Minta Bencana Erupsi Semeru Ditangani dengan Cepat

BNPB juga sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk meminta personil TNI dan peralatan ke lokasi erupsi Gunung Semeru.

Presiden Joko Widodo

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penanganan bencana erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Tengah, dilakukan dengan cepat dan tepat.

Jokowi telah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyanto untuk ke lokasi erupsi Gunung Semeru pada Minggu (5/12).

"Atas petunjuk Bapak Presiden, kami juga Kepala BNPB dengan tim besok pagi akan segera ke Lumajang ke daerah bencana," kata Suharyanto dalam jumpa pers secara virtual, Sabtu (4/12).

Suharyanto memastikan kebutuhan dasar pengungsi akan terpenuhi secara maksimal. BNPB juga telah mengirim sejumlah bantuan logistik untuk para pengungsi pada malam ini.

"Malam ini bergerak lewat darat dan membawa logistik antara lain, selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat, matras, dan logistik dasar lainnya," imbuhnya.

Selain itu, Suharyanto mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk meminta personil TNI dan peralatan ke lokasi erupsi Gunung Semeru.

"Juga berkoordinasi dengan BPPD Provinsi Jawa Timur, pemerintah provinsi, pemerintah daerah Lumajang untuk memastikan langkah-langkah penanganan masyarakat, khususnya yang terdampak bencana erupsi, para pengungsi kebutuhan dasar bisa terpenuhi secara maksimal," kata Suharyanto.

TAGS : Gunung Semeru Meletus Erupsi BNPB Jokowi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :