Kamis, 18/04/2024 22:51 WIB

Amerika Serikat Penyumbang Sampah Plastik Terbesar di Dunia

Secara keseluruhan, AS menyumbang sekitar 42 juta ton sampah plastik pada 2016, lebih dari dua kali lipat China dan lebih dari gabungan negara-negara Uni Eropa, menurut analisis tersebut.

Pada tingkat saat ini, jumlah plastik yang dibuang ke laut dapat mencapai hingga 53 juta ton per tahun pada tahun 2030, kira-kira setengah dari total berat ikan yang ditangkap dari laut setiap tahun, kata sebuah laporan AS. (File foto: AFP/Nicolas TUCAT)

WASHINGTON, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) sejauh ini merupakan penyumbang sampah plastik global terbesar di dunia. Hal itu berdsarkan laporan baru yang diserahkan kepada pemerintah federal pada Rabu (1/12).

Secara keseluruhan, AS menyumbang sekitar 42 juta ton sampah plastik pada 2016, lebih dari dua kali lipat China dan lebih dari gabungan negara-negara Uni Eropa, menurut analisis tersebut.

Rata-rata, setiap warga menghasilkan 130kg sampah plastik per tahun, dengan Inggris di urutan berikutnya dengan 99kg per orang per tahun, diikuti oleh Korea Selatan dengan 88kg per tahun.

Berjudul Reckoning with the US Role in Global Ocean Plastic Waste, laporan tersebut diamanatkan oleh Kongres sebagai bagian dari Save Our Seas 2.0 Act, yang menjadi undang-undang pada Desember 2020.

"Keberhasilan penemuan plastik yang ajaib pada abad ke-20 juga telah menghasilkan banjir sampah plastik skala global yang terlihat di mana-mana kita melihat," tulis Margaret Spring, kepala petugas sains Monterey Bay Aquarium, yang mengetuai komite ahli yang menyusun laporan tersebut.

Dia menambahkan, sampah plastik global adalah krisis lingkungan dan sosial yang berdampak pada komunitas pedalaman dan pesisir, sungai yang tercemar, danau dan pantai, menempatkan beban ekonomi pada masyarakat, satwa liar yang terancam punah dan perairan yang terkontaminasi yang bergantung pada manusia untuk makanan.

Produksi plastik global meningkat dari 20 juta ton pada 1966 menjadi 381 juta ton pada 2015, meningkat 20 kali lipat selama setengah abad, kata laporan itu.

Awalnya, perhatian pada limbah laut hanya terfokus pada sumber berbasis kapal dan laut, tetapi sekarang diketahui bahwa hampir semua plastik di darat berpotensi mencapai lautan melalui sungai dan aliran air, tambah laporan itu.

Penelitian telah menunjukkan hampir seribu spesies kehidupan laut rentan terhadap belitan plastik atau menelan mikroplastik, yang kemudian membuat jalan mereka melalui jaring makanan kembali ke manusia.

Laporan itu mengatakan sekitar 8 juta ton sampah plastik memasuki dunia setiap tahun, setara dengan membuang truk sampah sampah plastik ke laut setiap menit.

Pada tingkat saat ini, jumlah plastik yang dibuang ke laut dapat mencapai hingga 53 juta ton per tahun pada tahun 2030, kira-kira setengah dari total berat ikan yang ditangkap dari laut setiap tahun, katanya.

Sebagian alasannya adalah bahwa sementara produksi sampah plastik di limbah padat perkotaan telah meledak, terutama sejak tahun 1980, skala daur ulang tidak terus berlanjut, sehingga semakin banyak plastik yang masuk ke tempat pembuangan sampah.

Laporan tersebut menawarkan sejumlah langkah untuk mengatasi krisis - pertama di antaranya, mengurangi produksi plastik perawan, misalnya dengan menetapkan batas nasional.

Tindakan lain yang disarankan termasuk menggunakan bahan yang terdegradasi lebih cepat dan lebih mudah didaur ulang, pengurangan plastik sekali pakai tertentu, dan pengelolaan limbah yang lebih baik, seperti teknik untuk menghilangkan mikroplastik dari air limbah.

Meningkatkan teknologi penangkapan limbah akan menghentikan plastik di saluran air, sementara membendung pembuangan plastik langsung ke laut itu sendiri juga tetap menjadi prioritas.

Pengumpulan data juga merupakan prioritas penting, tambah laporan itu, yang menyerukan AS untuk membangun sistem pelacakan dan pemantauan untuk mengidentifikasi sumber limbah dan titik api.

Para penulis menyerukan negara untuk mengembangkan strategi nasionalnya selambat-lambatnya akhir tahun 2022. "Ini adalah laporan paling komprehensif dan memberatkan tentang polusi plastik yang pernah diterbitkan," kata Judith Enk, presiden organisasi nirlaba Beyond Plastics.

"Ini adalah kode merah untuk plastik di lautan dan mendokumentasikan bagaimana pembersihan sampah tidak akan menyelamatkan lautan," lanjutnya, seraya menambahkan bahwa sangat mendesak bagi pembuat kebijakan dan pemimpin bisnis untuk membaca laporan tersebut dan mengambil tindakan.

"Tujukan jari berhenti sekarang. Kita tidak bisa lagi mengabaikan peran Amerika Serikat dalam krisis polusi plastik, salah satu ancaman lingkungan terbesar yang dihadapi lautan dan planet kita saat ini," tambah Christy Leavitt, direktur kampanye plastik Oceana. (AFP)

KEYWORD :

Sampah Plastik Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :