Kamis, 27/01/2022 00:45 WIB

Covid Varian Omicron Muncul, PDIP Bunyikan Alarm ke Kadar

Pemerintahan Jokowi - Maruf Lakukan Langkah Terbaik Atasi Pandemi

Megawati Soekarnoputri saat memberikan arahan di acara pelatihan kebencanaan (dok.foto)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah telah memberi peringatan tentang munculnya varian baru virus Covid-19 yang bernama Omicron.

Varian Omicron memiliki kecepatan penularan mencapai lebih dari 500 persen atau 5 kali lipat dibandingkan dengan virus corona SARS-CoV-2 aslinya yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China 2019 lalu.

Dengan potensi penularan yang mencapai 500 persen tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) langsing mengklasifikasikan varian Omicron ini ke dalam kategori variant of concern (VoC) (tanpa melalui kategori variant of interest (VoI) terlebih dulu).

Peringatan dini yang disampaikan Pemerintah ini direspon PDI Perjuangan dengan memencet alarm bahaya, memerintahkan seluruh kader partai di seluruh Indonesia untuk tanggap.

"Ketua Umum Megawati Soekarnoputri langsung memerintahkan seluruh kader partai di Indonesia untuk tanggap," tegas Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Selasa (30/11/2021).

Keputusan itu dikeluarkan lewat surat instruksi khusus bernomor 3548 yang dikeluarkan 29 November 2021, ditandatangani Hasto dan Ketua DPP PDIP bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak Sri Rahayu, serta ditembuskan kepada Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi (Situation Room) PDIP M. Prananda Prabowo.

Surat instruksi itu ditujukan kepada seluruh pengurus DPC dan DPD PDIP seluruh Indonesia; Kepala Daerah dan/atau Wakil Kepala Daerah Provinsi dan Kab/ Kota Kader PDI Perjuangan; dan Pimpinan DPRD Provinsi dan DPRD Kab/ Kota dari PDI Perjuangan di seluruh Indonesia.

"Sejak awal pandemi covid-19, Ibu Megawati Soekarnoputri memerintahkan seluruh kader PDI Perjuangan di seluruh Indonesia untuk tanggap dan cepat dalam merespons perkembangan situasi serta ancaman virus covid-19. Serta sigap dalam mensosialisasikan protokol kesehatan, serta membantu masyarakat menghadapi dampak pandemi," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dalam keterangannya, Selasa (30/11/2021).

“Ketua Umum Ibu Megawati berpesan jangan anggap remeh varian Omicron tersebut, karena hal tersebut bisa menggerus imunitas, meski sudah divaksin. Jadi yang sudah di vaksin tetap hati-hati,” kata Hasto.

Selain itu, di dalam menghadapi Pandemi Covid-19, maka seluruh jajaran Tiga Pilar Partai bergerak dalam Gotong Royong Nasional untuk kemanusiaan. Ditegaskan kembali bahwa seluruh konsentrasi PDI Perjuangan saat ini adalah bergerak ke bawah membantu rakyat dan mendorong Program-Program Kerakyatan untuk mengurangi dampak Pandemi Covid-19 tersebut.

"PDI Perjuangan meyakini bahwa Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan K.H. Ma`ruf Amin akan melakukan langkah-langkah terbaik untuk mengatasi Pandemi ini," demikian isi surat resmi partai itu.

Hasto mengatakan bahwa instruksi diharap segera ditindaklanjuti dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh kader Partai seluruh Indonesia.

"Ibu Megawati dan jajaran DPP PDI Perjuangan akan secara aktif melakukan pemantauan atas pelaksanaan instruksi tersebut," pungkas Hasto

TAGS : Varian Omicron Covid-19 PDI Perjuangan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :