Jum'at, 17/05/2024 17:31 WIB

India Perketat Testing Covid-19 untuk Turis Afrika Selatan

Pemerintah India mengeluarkan instruksi kepada semua negara bagian, untuk secara ketat menguji dan menyaring pelancong internasional dari Afrika Selatan, dan negara-negara berisiko lainnya, di tengah kekhawatiran atas varian virus corona baru.

Perdana Menteri ndia Narendra Modi mendengarkan saat upacara pembukaan KTT Iklim PBB COP26, di Glasgow, Skotlandia, 1 November 2021. (Foto: AP/Alberto Pezzali)

New Delhi, Jurnas.com - Pemerintah India mengeluarkan instruksi kepada semua negara bagian, untuk secara ketat menguji dan menyaring pelancong internasional dari Afrika Selatan, dan negara-negara berisiko lainnya, di tengah kekhawatiran atas varian virus corona baru.

Kementerian kesehatan federal mengatakan laporan mutasi pada varian baru, yang diidentifikasi sebagai B.1.1.529, memiliki implikasi kesehatan masyarakat yang serius.

"Varian ini dilaporkan memiliki jumlah mutasi yang sangat tinggi, dan dengan demikian, memiliki implikasi kesehatan masyarakat yang serius bagi negara mengingat pembatasan visa yang baru-baru ini dilonggarkan dan pembukaan perjalanan internasional," kata Menteri Kesehatan India, Rajesh Bhushan dikutip dari Reuters pada Jumat (26/11).

Pada saat yang sama, Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan varian baru memiliki protein lonjakan yang secara dramatis, berbeda dengan virus corona asli yang menjadi dasar pembuatan vaksin Covid-19. Varian baru membuat vaksin yang ada menjadi kurang efektif.

Inggris melarang penerbangan dari enam negara Afrika, dan meminta para pelancong Inggris yang kembali dari negara tujuan itu agar dikarantina.

India sebelumnya mencatat kenaikan terkecil kasus baru dalam satu setengah tahun minggu ini, karena meningkatnya vaksinasi dan antibodi di sebagian besar populasinya.

Total kasus virus corona di negara itu mencapai 34,56 juta pada Jumat (26/11). Beban kasus harian India berkurang setengahnya sejak September, dan negara itu melaporkan 10.549 kasus baru hari ini.

Awal bulan ini, India mengidentifikasi 10 negara berisiko antara lain Eropa, Inggris, Cina, Afrika Selatan, dan Selandia Baru. Namun New Delhi telah membuka perbatasannya ke 99 negara secara keseluruhan.

KEYWORD :

India Testing Covid-19 Turis Mancanegara Afrika Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :