Sabtu, 27/11/2021 15:26 WIB

AHY Minta Kader Demokrat Jambi Tetap Jaga Kekompakan

Ada dua kandidat. Saya tidak masuk ke agenda itu. Semoga bisa berjalan bermartabat. Kita satu keluarga besar, ingin demokrat semakin besar. Paling penting kader harus tetap kompak satu tujuan menjaga keutuhan Partai Demokrat.

Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron (kiri) saat membuka Musyawarah Daerah Demokrat Jambi. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali menyapa kader di daerah. Dari Amerika, AHY menyapa kader Partai Demorkat di Provinsi Jambi yang tengah melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) secara virtual, kemarin.

Kepada kader Partai Demorat Jambi, AHY mengigatkan agar para kader tetap kompak dan tidak terbelah meskipun tengah dalam peksanaan Musda. Khusus kepada dua calon, yakni Burhanuddin Mahir dan Mashuri, AHY berpesan agar tetap menjaga keutuhan dan marwah partai.

"Ada dua kandidat. Saya tidak masuk ke agenda itu. Semoga bisa berjalan bermartabat. Kita satu keluarga besar, ingin demokrat semakin besar. Paling penting kader harus tetap kompak satu tujuan menjaga keutuhan Partai Demokrat," pesan AHY seperti disebutkan dalam keterangan tertulis, Jumat (26/11).

Dia katakan, apabila kader menjadi terbelah, maka ada yang salah dalam pelaksanaan Musda. Di sisi lain, Musda harus memberikan  energi kebersamaan, soliditas, karena ingin merebut peluang kemenangan ke depan.

"Dinamika dalam musda adalah hal yang wajar. Itu terjadi dimanapun, namun ujungnya harus kompak kembali," tegas AHY.

"Saya melihat dan mengetahui situasi  di Jambi kondusif, saling menghormati, tujuan kita akhirnya sama. Misalnya untuk menghancurkan pasti di sebelah, sudah kita lawan, kita lawan yang ingin menghancurkan Demokrat dengan kebersamaan," sambungnya.

AHY menambahkan, tantangan dan perjalanan Partai Demokrat masih panjang. Karenanya, mesin partai harus bergerak cepat dan waspada.

"Ke depan tantangan semakin banyak, angin makin kencang. Hari ini lembaga survei menunjukkan hasil survei pada posisi semakin baik, elektabilitas baik secara nasional. Semoga diikuti dengan tren elektabilitas partai demokrat Jambi," katanya

Sementara itu Herman Khaeron selalku Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat mengatakan, Musda ini dilaksanakan dalam tiga tahapan. Pertama, Pramusda yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dalam tahapan ini, bakal calon mendaftar, kemudian dilakukan verifikasi.

“Siapapun yang sudah mengantongi 20 persen dukungan, bisa mendaftar. Namun, jumlah dukungan itu tidak mutlak menjadi penentu kemenangan para calon,” katanya.

Kemudian tahapan pelaksanaan Musda, dilaksanakan sidang pleno pertama, pernyataan demisioner, kemudian pembahasan masa depan partai, program partai.

“Kemudian pleno ketiga akan menetapkan bakal calon, yang kemudian disepakati menjadi calon. Jadi Musda ini, hanya untuk mengusulkan calon Ketua DPD ke DPP untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan oleh Tim 3,” katanya.

Selanjutnya, tahap ketiga adalah pasca Musda. Dalam tahapan ini, meliputi fit and proper test terhadap calon yang di usung. Selanjutnya Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menetapkan ketua DPD terpilih, untuk kemudian dilakukan pelantikan.

“Jadi, jumlah dukungan ini, sebagai tiket untuk menjadi bakal calon. Selebihnya akan mempertimbangkan hasil fit and proper test nanti. Makanya, kami tidak ingin menyebutkan secara rinci, masing-masing bakal calon mengantongi berapa dukungan. Kemungkinan dalam seminggu ke depan dilaksanakan fit and proper test,” katanya.

Sementara itu, Burhanuddin Mahir atau akrab disapa Cik Bur mengatakan, dirinya tentu akan mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh DPP Partai Demokrat. Termasuk fit and proper test yang akan dilaksanakan oleh DPP.

“Jadi Musda ini sifatnya hanya rekomendasi. Nanti ada fit and proper test, kita akan ikuti itu,” singkatnya.

Di sisi lain, Mashuri yang juga merupakan Bupati Bungo, hadir dalam pembukaan Musda tersebut, sebagai bakal calon Ketua DPD PD Jambi. Usai menghadiri pembukaan, Mashuri mengatakan dirinya siap maju dalam pemilihan ketua. Dia juga optimis bisa unggul dalam pemilihan ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi.

“Kalau saya tak cukup syarat tak mungkin saya di sini,” ujar Mashuri, yang sebelumnya adalah politis dari PAN ini.

Dia mengatakan dirinya sudah mengumpulkan persyaratan sebagai ketua . Namun saat ditanyakan bagaimana persiapannya dia enggan membeberkannya.

“Tanya saja sama tim penjaringan nanti,” singkatnya.

TAGS : Partai Demokrat Musyawarah Daerah Jambi Agus Harimurti Yudhoyono AHY




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :