Kamis, 09/12/2021 04:16 WIB

Janji Nadiem ke Guru: Rekrutmen PPPK hingga Kurikulum Baru

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menjanjikan berbagai macam program bagi para guru pada tahun depan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim (Foto: Youtube Kemendikbud RI)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menjanjikan berbagai macam program bagi para guru pada tahun depan.

Hal itu disampaikan dalam acara puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2021 pada Kamis (25/11) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pertama, Mendikbudristek berjanji untuk terus membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi para guru honorer. Harapannya, formasi satu juga guru PPPK dapat terpenuhi.

"Kami juga akan meluncurkan berbagai macam platform teknologi, bukan cuma bagi-bagi laptop, tapi memberikan pelatihan online yang dapat diikuti secara mandiri sesuai kebutuhan (guru)," terang Mendikbudristek.

Selanjutnya, tahun depan Nadiem akan mulai menawarkan kurikulum baru di satuan pendidikan. Kurikulum ini, lanjut Mendikbudristek, diklaim bisa dimengerti oleh guru karena lebih fleksibel dan memberikan guru kesempatan untuk berkreasi dan berinovasi.

"Bukan ganti menteri ganti kurikulum. Kurikulum yang kami tawarakan tahun depan memberikan kemerdekaan kembali pada guru-guru. Makanya, tolong desak seluruh dinasi agar sekolah tatap muka dilaksanakan," ujar Mendikbudristek.

Dalam kesempatan itu, Nadiem juga berterima kasih atas jasa dan pengabdian para guru se-Indonesia, yang telah berjuang mencerdaskan anak bangsa di tengah pandemi Covid-19.

"Terima kasih atas pengabdian Anda. Terima kasih bagi teman-teman guru yang gaptek tapi belajar semua platform teknologi. Terima kasih bagi guru-guru yang masih bisa mengajari anak-anak PJJ, meski kondisi ekonominya terpukul," kata Nadiem.

"Satu hal yang membuat saya bingung tapi senang, dari semua perjalanan saya di seluruh Indonesia, tidak pernah ada kata putus asa itu keluar. Ini hal yang luar biasa dan mengipirasi kami semua," imbuh dia.

TAGS : Hari Guru Nasional HGN 2021 Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim Kurikulum Baru




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :