Selasa, 30/11/2021 16:57 WIB

Kementan Bakal Ekspor Besar-besaran di Akhir 2021

Syahrul mengatakan akan melaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal rencana untuk melakukan ekspor besar-besaran pada akhir tahun 2021.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, di selanekspor pertanian senilai 568,7 miliar rupiah di Pelabuhan Peti Kemas JICT Tanjung Priok (25/11).  

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan) bakal melakukan ekspor besar-besaran untuk menutup akhir tahun 2021.

"Saya sangat berharap 30 Desember nanti akan melakukan ekspor besar untuk menutup tahun," kata Syahrul usai melepas ekspor 24 ragam komoditas pertanian dari Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara ke 26 negara, Kamis (25/11).

Syahrul mengatakan akan melaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) perihal rencana tersebut. "Saya mau lapor ke Presiden, kami mau tutup tahun dengan ekspor. Jangan selama ini sedikit-sedikit impor. Jarang sekali kita bicara ekspor," kata Syahrul.

Pada saat Merdeka Ekspor 17 Agustus 2021, dalam 7 hari ekspor naik 7,2 triliun, namun belum semua kabupaten/kota bisa ekspor. Tercatat dari dari 500 kabupaten/kota hanya 341 yang melakukan ekspor.

Karena itu, Syahrul berharap, 34 provinsi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke pada akhir tahun nanti masing-masing berpartisipasi melakukan ekspor komoditas pertanian sekecil apapun.

Syahrul mengatakan sudah meminta Kepala Kepolisian Negara Republik (Kapolri) untuk membantu jajaran Kepolisian dan juga Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk melakukan persiapan-siapkan ekspor akhir tahun.

"Sekecil apapun itu. Jangan liat nilainya, tetapi kemauan dan semangat yang diminta Presiden kita untuk dibuktikan di lapangan demi kepentingan rakyat, dan negara," kata Syahrul.

TAGS : Ekspor Pertanian Akhir Tahun Syahrul Yasin Limpo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :