Kamis, 09/12/2021 05:17 WIB

Portugal Jadi Negara Uni Eropa Keempat Berhenti Gunakan Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara

Pembangkit listrik Pego yang terletak 150 km timur laut ibukota Portugal Lisbon berhenti menghasilkan listrik selama akhir pekan.

Pabrik batubara. (Foto: Reuters/David Gray)

LISBON, Jurnas.com - Aktivis lingkungan menyambut baik berakhirnya pembangkit listrik dari batu bara di Portugal, meskipun mereka mengatakan Senin (22/11) kemungkinan konversi pembangkit listrik tenaga batu bara terakhir di negara itu menjadi pembangkit listrik yang membakar pelet kayu akan menjadi langkah dalam arah yang salah.

Pembangkit listrik Pego yang terletak 150 km timur laut ibukota Portugal Lisbon berhenti menghasilkan listrik selama akhir pekan. Portugal menjadi negara Uni Eropa keempat yang berhenti membakar batu bara untuk menghasilkan listrik.

Portugal tidak memiliki batu bara, minyak atau gas, yang semuanya diimpor, dan telah banyak berinvestasi dalam energi hijau dalam beberapa dekade terakhir.

"Ekonomi batubara yang mengerikan dan keinginan publik untuk aksi iklim mendorong penghentian bertahap yang lebih cepat dan lebih cepat di seluruh Eropa," kata Kathrin Gutmann, direktur kampanye untuk Europe Beyond Coal, yang bertujuan memastikan batubara dihapus secara bertahap di Eropa pada 2030.

Tenaga batu bara adalah satu-satunya sumber emisi gas rumah kaca terbesar.

"Tantangannya sekarang adalah memastikan utilitas tidak membuat kesalahan dengan mengganti batu bara dengan gas fosil, atau biomassa yang tidak berkelanjutan," kata Gutmann dalam sebuah pernyataan.

Tapi proposal untuk melanjutkan penggunaan Pego, yang sedang ditender, termasuk biomassa.

Menteri Lingkungan Portugal João Pedro Matos Fernandes mengatakan proposal lain termasuk energi surya dan produksi kendaraan listrik. Proposal harus sudah dipresentasikan paling lambat 17 Januari.

"Membebaskan diri dari sumber gas rumah kaca terbesar kami adalah hari yang penting bagi Portugal. Tapi itu diperburuk oleh prospek tanaman yang dikonversi menjadi hutan yang terbakar," kata Francisco Ferreira, kepala asosiasi lingkungan Portugis ZERO.

"Menghilangkan batu bara hanya untuk beralih ke bahan bakar terburuk berikutnya jelas bukan jawaban," katanya. (AP)

TAGS : Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara Potugal Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :