Jum'at, 19/04/2024 14:36 WIB

KTT ASEAN-China Berlangsung tanpa Myanmar

KTT virtual China-ASEAN Senin, yang diadakan untuk merayakan 30 tahun dialog, akan membantu perdamaian, stabilitas dan pembangunan regional, kata Presiden China Xi Jinping, menurut media pemerintah China.

Para pemimpin ASEAN dan China terlihat di monitor di Hanoi selama KTT virtual pada 22 November 2021. (CNA)

KUALA LUMPUR, Junas.com - Pertemuan puncak antara China dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada Senin diadakan tanpa perwakilan dari Myanmar. Demikian kata Menteri Luar Negeri Malaysia, Saifuddin Abdullah, Senin (22/11).

Pada Minggu, negara-negara ASEAN kecuali Myanmar telah sepakat dengan China bahwa utusan Myanmar untuk Beijing akan hadir, kata Saifuddin. Pihak berwenang Myanmar tidak segera berkomentar tentang ketidakhadiran itu dan seorang juru bicara tidak dapat segera dihubungi.

ASEAN mengesampingkan pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing dari pertemuan puncak virtual pada Oktober karena kegagalannya membuat terobosan dalam menerapkan rencana perdamaian yang disepakati, dalam pengecualian yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Myanmar menolak mengirim perwakilan junior dan menyalahkan ASEAN karena menyimpang dari prinsip non-interferensi dan menyerah pada tekanan Barat.

KTT virtual China-ASEAN Senin, yang diadakan untuk merayakan 30 tahun dialog, akan membantu perdamaian, stabilitas dan pembangunan regional, kata Presiden China Xi Jinping, menurut media pemerintah China.

Pada KTT itu, Xi dilaporkan mengatakan kepada para pemimpin ASEAN bahwa Beijing tidak akan memaksa tetangga-tetangga regionalnya yang lebih kecil.

Xi mengatakan, China tidak akan pernah mencari hegemoni atau memanfaatkan ukurannya untuk mengganggu negara-negara kecil, dan akan bekerja dengan ASEAN untuk menghilangkan campur tangan.

"China dulu, sedang, dan akan selalu menjadi tetangga yang baik, teman baik, dan mitra baik ASEAN," kata media pemerintah mengutip Xi.

Penegasan kedaulatan China atas Laut China Selatan telah membuatnya menentang anggota ASEAN Vietnam dan Filipina, sementara Brunei, Taiwan dan Malaysia juga mengklaim bagian.

Filipina pada Kamis mengutuk dengan tegas tindakan tiga kapal penjaga pantai China yang dikatakan memblokir dan menggunakan meriam air pada kapal-kapal pemasok menuju atol yang diduduki Filipina di Laut China Selatan.

Amerika Serikat (AS) pada Jumat menyebut tindakan China "berbahaya, provokatif, dan tidak dapat dibenarkan", dan memperingatkan bahwa serangan bersenjata terhadap kapal Filipina akan memicu komitmen pertahanan bersama AS.

"AS sangat percaya, tindakan RRT yang menegaskan klaim maritim Laut China Selatan yang luas dan melanggar hukum merusak perdamaian dan keamanan di kawasan itu," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price, menggunakan inisial untuk Republik Rakyat China.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan kepada pertemuan puncak yang diselenggarakan oleh Xi bahwa dia "benci" pertengkaran itu dan mengatakan aturan hukum adalah satu-satunya jalan keluar dari perselisihan tersebut.

"Ini tidak berbicara dengan baik tentang hubungan antara negara-negara kita," kata Duterte.

Xi mengatakan kepada KTT bahwa China dan ASEAN telah menyingkirkan kesuraman Perang Dingin - ketika kawasan itu didera oleh persaingan dan konflik negara adidaya seperti Perang Vietnam - dan telah bersama-sama menjaga stabilitas regional.

China sering mengkritik AS karena pemikiran Perang Dingin ketika Washington melibatkan sekutu regionalnya untuk melawan pengaruh militer dan ekonomi Beijing yang semakin meningkat.

Presiden AS Joe Biden bergabung dengan para pemimpin ASEAN untuk pertemuan puncak virtual pada bulan Oktober dan menjanjikan keterlibatan yang lebih besar dengan kawasan itu.

KTT Senin dimulai tanpa kehadiran perwakilan Myanmar, menurut dua sumber yang mengetahui pertemuan tersebut. Alasan ketidakhadiran itu tidak segera jelas, dan juru bicara pemerintah militer Myanmar tidak menjawab panggilan untuk meminta komentar.

China melobi pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing untuk menghadiri KTT itu, menurut sumber-sumber diplomatik. (REUTERS)

KEYWORD :

KTT ASEAN China Myanmar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :