Kamis, 02/12/2021 10:56 WIB

IBM Luncurkan Prosesor Kuantum untuk Komputer Super Cepat

IBM meluncurkan prosesor kuantum canggih, yang merupakan bagian dari upaya untuk membangun komputer super cepat.

Prosesor kuantum milik IBM (Foto: BBC)

New York, Jurnas.com - IBM meluncurkan prosesor kuantum canggih, yang merupakan bagian dari upaya untuk membangun komputer super cepat.

Mesin-mesin ini dapat merevolusi komputasi, memanfaatkan dunia fisika kuantum yang aneh, untuk memecahkan masalah di luar jangkauan bahkan untuk masalah klasik yang paling canggih sekalipun.

Namun rintangan dalam membangun versi skala besar yang praktis membuat komputer kuantum terbatas pada lab.

Chip baru memiliki 127 `qubit`, dua kali lebih banyak dari prosesor IBM sebelumnya. Qubit (bit kuantum) adalah unit informasi paling dasar dalam komputer kuantum.

Dikutip dari BBC pada Kamis (18/11), perusahaan itu mengklaim prosesor Eagle barunya sebagai "tonggak penting di jalan menuju komputasi kuantum praktis".

Tetapi seorang ahli komputasi kuantum mengatakan lebih banyak detail diperlukan, untuk menilai apakah temuan itu mewakili kemajuan yang signifikan.

Beberapa tahun terakhir telah terlihat lonjakan minat pada mesin tersebut, karena potensinya untuk sangat meningkatkan daya komputasi.

Mesin-mesin itu digunakan untuk membantu mengembangkan bahan dan obat-obatan baru atau meningkatkan aspek kecerdasan buatan.

Komputer kuantum memanfaatkan cara aneh materi berperilaku pada skala yang sangat kecil. Dalam komputer klasik, unit informasi disebut "bit" dan dapat memiliki nilai satu atau nol.

Tetapi ekuivalennya dalam sistem kuantum qubit bisa menjadi satu dan nol pada saat yang bersamaan. Ini adalah konsep superposisi, di mana sesuatu bisa ada di banyak keadaan sekaligus.

Untuk memanfaatkan kekuatan mereka, beberapa qubit harus dihubungkan bersama, sebuah proses yang disebut keterjeratan.

Dan dengan setiap qubit tambahan yang ditambahkan, kekuatan komputasi prosesor menjadi dua kali lipat secara efektif.

Prosesor Eagle mengikuti perusahaan Hummingbird 65-qubit, diluncurkan pada tahun 2020, dan Falcon 27-qubit, pada tahun 2019.

"Kedatangan prosesor Eagle adalah langkah besar menuju hari ketika komputer kuantum dapat mengungguli komputer klasik untuk aplikasi yang berguna," kata wakil presiden senior dan direktur penelitian Dr Darío Gil.

"Komputasi kuantum memiliki kekuatan untuk mengubah hampir setiap sektor dan membantu kami mengatasi masalah terbesar saat ini," tambah dia.

Pada 2019, Google mengatakan prosesor kuantum Sycamore 53-qubit-nya telah melampaui kinerja komputer konvensional pada tugas tertentu, untuk pertama kalinya.

Peneliti Google mempublikasikan hasilnya dalam jurnal akademik bergengsi Nature. Pada saat itu, para ilmuwan dari IBM mempertanyakan beberapa tokoh Google dan definisinya tentang supremasi kuantum.

Mengenai chip Eagle baru, Prof Scott Aaronson, dari University of Texas di Austin, mengatakan, "Saya berharap dapat melihat detail sebenarnya."

Di blognya, pakar komputasi kuantum ini menambahkan bahwa informasi yang dirilis sejauh ini oleh IBM tidak memiliki parameter kunci, yang dia gunakan untuk menilai kemajuan komputasi kuantum.

Pada 2016, IBM adalah perusahaan pertama yang menempatkan komputasi kuantum ke cloud, membuka akses ke mesin untuk lebih banyak pengguna.

TAGS : IBM Prosesor Kuantum Komputer Super Cepat Teknologi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :