Jum'at, 28/01/2022 09:28 WIB

Kemdikbudristek Dorong Talenta Digital lewat TesCA 2021

Hal ini disampaikan plt. Dirjen Diktiristek Nizam saat Launching Ceremony kerja sama antara Ditjen Diktiristek dengan PT Telkom Indonesia untuk Program TeSCA 2021 pada Senin (15/11) lalu.

Peluncuran program TesCA 2021 (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Ditjen Diktiristek berkolaborasi dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, untuk mencetak talenta digital nasional melalui program Telkom Smart Campus Award (TeSCA) 2021.

Hal ini disampaikan plt. Dirjen Diktiristek Nizam saat Launching Ceremony kerja sama antara Ditjen Diktiristek dengan PT Telkom Indonesia untuk Program TeSCA 2021 pada Senin (15/11) lalu.

Nizam menjelaskan bahwa TeSCA 2021 sangat penting dalam upaya mendorong ekosistem transformasi teknologi di lingkungan perguruan tinggi.

Hal ini akan mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kualitas pelayanan di lingkungan perguruan tinggi. Nizam berharap bahwa perguruan tinggi mampu menjadi bagian dalam penciptaan teknologi.

"Transformasi teknologi bukan hanya wacana tapi harus betul-betul dilakukan. Kemajuan teknologi harus kita manfaatkan untuk kemajuan iptek. Jangan hanya sekedar sebagai pengguna tapi mampu menjadi bagian dalam penciptaan teknologi," terang Nizam.

Nizam mengungkapkan bahwa dalam pembangunan ekosistem digital diperlukan pengembangan bidang teknologi pembelajaran yang dapat diakses dan terjangkau.

Untuk itu Nizam menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara industri dan perguruan tinggi. Untuk memfasilitasi hal tersebut, Nizam menjelaskan bahwa Ditjen Diktiristek telah menyiapkan platform Kedaireka sebagai penghubung sinergi dan kolaborasi perguruan tinggi dengan industri.

"Setiap komitmen dari industri untuk pengembangan teknologi merah putih kita dampingi dengan sumber daya pendanaan yang sama ke industri. Ini kita perlukan untuk untuk berlari dan maju di bidang teknologi," jelas Nizam.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Ditjen Diktiristek Paristiyanti Nurwardani juga menyatakan dukungan terhadap penyelenggaraan TeSCA 2021.

Program ini menurut Paristiyanti sangat sesuai dengan visi pemerintah yang memproyeksikan terdapat 15 juta talenta digital pada tahun 2035. TeSCA 2021 merupakan upaya Ditjen Diktiristek dan Telkom dalam mendukung visi pemerintah tersebut.

"Prinsipnya adalah Direktorat Jenderal Diktiristek berkomitmen penuh dalam mengakselerasi talenta digital dan siap menyukseskan Telkom Smart Campus Award 2021," ujar Paristiyanti.

Sementara itu, Edi Witjara selaku Director Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia Tbk mewakili seluruh jajaran Telkom Indonesia mengapresiasi peran dan komitmen  Ditjen Diktiristek dalam menciptakan ekosistem teknologi dan smart kampus melalui TeSCA 2021.

"TeSCA sempat redup. Tahun ini kita coba bangkitkan kembali dengan kolaborasi antara Telkom dan Ditjen Diktiristek," kata Edi Witjara.

Telkom Smart Campus Award Tahun 2021 merupakan program yang dirancang dalam rangka mendorong percepatan program pemerintah dalam gerakan literasi digital.

TeSCA 2021 terdiri dari dua kategori yaitu Program Digital Adoption dan Program Digital Creativity. TeSCA 2021 merupakan program pemeringkatan, awarding dan juga publishing untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Selain itu TeSCA 2021 merupakan kompetisi inovasi digital bagi seluruh civitas akademika, baik dosen maupun mahasiswa demi meningkatkan talenta digital nasional.

TAGS : Kemdikbudristek Talenta Digital TesCA 2021 Ditjen Diktiristek




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :