Jum'at, 28/01/2022 10:09 WIB

DPR Wanti-wanti Pemerintah, Reklamasi Pertambangan Jangan Cuma Fokus Cari Untung

Pertambangan ini selalu terkait dengan isu lingkungan, dimana disitu ada titik-titik pertambangan maka di situ akan terjadi juga persoalan lingkungan.

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Diah Nurwitasari. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah harus serius dalam melakukan reklamasi area tambang. Reklamasi juga jangan hanya fokus mengejar keuntungan semata.

Demikian dikatakan Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Diah Nurwitasari dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (11/11).

“Pertambangan ini selalu terkait dengan isu lingkungan, dimana disitu ada titik-titik pertambangan maka di situ akan terjadi juga persoalan lingkungan,” tegasnya.

Anggota Fraksi PKS ini mewangi-wanti, persoalan krusial dengan meningkatnya pertambangan nikel di Indonesia, khususnya kebutuhan yang semakin tinggi pasti dampak lingkungannya akan semakin besar.

Oleh sebab itu, lanjut Diah, reklamasi menjadi sesuatu yang penting dan serius. Karenanya harus melalui proses mitigasi Pemerintah sejak awal, terkait bagaimana cara melakukan reklamasi.

“Saya yakin persoalan pertambangan ini tidak sederhana, jadi jangan sampai kita hanya fokus pada sekedar menarik keuntungan atau pemanfaatan dari pertambangan tersebut, tetapi proses reklamasi berikutnya tidak diselesaikan dengan tuntas. Saya perhatikan Indonesia cukup banyak yang masih terbengkalai,” tandas Legislator Dapil Jawa Barat II ini.

TAGS : Warta DPR Komisi VII DPR PKS Diah Nurwitasari Reklamasi Area Tambang




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :