Senin, 29/04/2024 13:02 WIB

Asian Games 2018

Wisatawan Ditarget Capai 1 Juta Orang

Gelaran pesta olahraga negara se-Asia atau Asian Games 2018 akan dimanfaatkan tuan rumah Palembang, Sumatera Selatan untuk mengaet wisatawan mancanegara

Salah satu tempat wisata yang dipersiapkan untuk dikunjungi wisata saat Asian Games 2018 nanti

Palembang - Gelaran pesta olahraga negara se-Asia atau Asian Games 2018 akan dimanfaatkan tuan rumah Palembang, Sumatera Selatan untuk menggaet wisatawan mancanegara dengan target menembus angka satu juta orang pada 2017.

Proyeksi target wisatawan ini, dikemukakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palembang, Isnaini Madani, beberapa hari lalu, karena pergerakan wisatawan yang berkunjung ke Palembang sudah terasa sejak tahun ini.

Untuk itu, pemkot sudah mengagendakan sejumlah pembenahan dan penataan kawasan wisata.
"Total wisatawan asing yang berkunjung ke Sumsel pada tahun ini mencapai 2 juta jiwa, dan sebagian besar dari jumlah itu ke Palembang. Jadi tahun depan, berani mematok target satu juta jiwa," kata dia.

Meskipun anggaran yang diajukan ke DPRD Palembang hanya 0,25 persen dari dana APBD tahun 2017, tapi pemkot sedapat mungkin untuk menata kawasan wisata unggulan. Upaya lain terkait keterbatasan dana ini, pemkot akan meminta bantuan BUMD maupun kalangan swasta melalui menyalurkan dana tanggung jawab sosialnya (CSR) ke sektor pariwisata Kota Palembang.

Salah satu yang menjadi perhatian pemkot yakni penataan kawasan wisata Benteng Kuto Besak, Jembatan Ampera, dan Pulau Kemaro. Selain penataan, akan meningkatkan promosi dengan menggandeng biro/agen perjalanan, hotel, dan asosiasi pengusaha untuk memperkenalkan destinasi wisata Kota Palembang.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan promosi ini sangat penting karena hingga kini sektor parwisata Sumatera Selatan masih tekor dari sisi jumlah wisatawan.

"Masih banyak warga Sumsel yang berlibur ke provinsi atau negara lain, jika dibandingkan sebaliknya. Saat ini tercatat sebanyak 3,4 juta wisatawan dalam negeri yang datang ke Sumsel sementara sebaliknya justru mencapai 5 juta orang," kata Irene. (Advertorial)

KEYWORD :

Asian Games 2018




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :