Senin, 29/04/2024 09:39 WIB

Asian Games 2018

PLN Palembang Tingkatkan Pasokan Listrik

Sedangkan untuk Asian Games, PLN juga menyiapkan energi listrik untuk kebutuhan jalur kereta api dalam kota Light Rail Transit (LRT) sejauh 120 kilometer

Palembang  - Pasokan listrik untuk perhelatan Asian Games 2018 sudah dipersiapkan. PT PLN telah mengoperasikan Gardu Induk Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan dengan kapasitas 150kV di Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN (Persero) Amir Rosyidin saat peresmian mengatakan,  pengoperasian gardu induk ini akan meningkatkan keandalan penyaluran energi listrik di Kota Palembang, mengingat hampir 30 tahun lebih hanya mendapatkan suplai 70 kV dari Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas Keramasan.

"Seiring dengan peran sebagai tuan rumah Asian Games, bakal ada penambahan hotel dan Kompleks Olahraga Jakabaring sangat perlu ditingkatkan keandalannya," tutur Amir.

Gardu induk ini dibangun dengan dana Rp170 miliar menggunakan anggaran PLN sendiri. Selain membangun gardu induk, PLN juga membangun jalur transmisinya yakni dari Mariana-Keramasan-Talang Kelapa.

Sedangkan untuk Asian Games, PLN juga menyiapkan energi listrik untuk kebutuhan jalur kereta api dalam kota Light Rail Transit (LRT) sejauh 120 kilometer, serta pemindahan tiang-tiang transmisi di kawasan Jakabaring terkait dengan rencana membangun sirkuit MotoGP.

"Jika dihitung-hitung, PLN akan mengeluarkan dana sekitar Rp1,1 triliun untuk semua fasilitas kelistrikan Asian Games. Untuk itu PLN meminjam ke Bank Pembangunan Asia (ADB) dan Bank Dunia," ujarnya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan Dadi Murihno menambahkan, tahun ini gardu induk  Gandus di Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang akan beroperasi setelah merampungkan proses pembangunan dan uji pada akhir November 2016.

Gardu induk  Gandus ini memiliki trafo 1x39 mVA dan 1x60 mVA yang memiliki lima tower V Connetion. Nantinya GI ini akan memeunuhi kebutuhan pasokan listrik di sekitar bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin, dan LRT di sekitar bandara. "Dengan eksisnya lima GI ini PLN optimistis bahwa pada saat Asian Games sudah tidak ada masalah kelistrikan lagi," katanya. (Advertorial)

KEYWORD :

Asian Games 2018




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :