Jum'at, 17/05/2024 17:56 WIB

KPK Dalami Permintaan Fee Lelang Proyek oleh Bupati Banjarnegara

Hal itu didalami penyidik lewat seorang saksi bernama Hana Pur Dwiatmoko selaku wiraswasta pada Selasa (3/11). 

Plt.Jubir KPK Ali Fikri

Jakarta, Jurnas.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami dugaan permintaan uang fee oleh Bupati nonaktif Banjarnegara, Budhi Sarwono kepada para pengusaha. Uang itu diduga terkait pelaksanaan lelang proyek infrastruktur di Kabupaten Banjanegara.

Hal itu didalami penyidik lewat seorang saksi bernama Hana Pur Dwiatmoko selaku wiraswasta pada Selasa (3/11). Dja diperimsa terkait kasus dugaan korupsi pemborongan, pengadaan, atau persewaan di Banjarnegara pada 2017 sampai 2018.

"Yang bersangkutan hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan pelaksanaan lelang di Kabupaten Banjarnegara dan dugaan adanya permintaan fee oleh tersangka BS (Bupati nonaktif Banjarnegara Budhi Sarwono) dan kawan-kawan," kata Plt juru bicara KPK, Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis, (4/11).

Ali enggan memerinci lebih jauh pertanyaan penyidik ke Hana. Namun, duit yang diminta oleh Budhi itu diyakini sebagai tindakan korupsi.

KPK sendiri telah menetapkan Bupati nonaktif Banjarnegara, Budhi Sarwono dan orang kepercayaannya, Kedy Afandi sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pemborongan, pengadaan atau persewaan pada Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara Tahun 2017-2018 dan sejumlah penerimaan gratifikasi.

Budhi diduga memerintahkan Kedy untuk mengatur proyek pekerjaan infrastruktur di Banjarnegara. Budhi juga diduga mengarahkan Kedy untuk menetapkan adanya komitmen fee terhadap para pengusaha yang ingin menggarap proyek infrastruktur di Banjarnegara.

Tak hanya itu, Budhi juga diduga berperan aktif dengan ikut langsung dalam pelaksanaan pelelangan pekerjaan infrastruktur. Diantaranya, membagi paket pekerjaan di Dinas PUPR dengan mengikutsertakan perusahaan milik keluarganya, dan mengatur pemenang lelang.

Salah satu perusahaan milik keluarga Budhi yang ikut dalam proyek infrastruktur di Banjarnegara yakni PT Bumi Redjo. Budhi diduga telah menerima komitmen fee atas berbagai pekerjaan proyek infrastruktur di Kabupaten Banjarnegara, sekitar sejumlah Rp2,1 miliar.

KEYWORD :

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono permintaan fee lelang proyek KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :