Senin, 29/11/2021 01:24 WIB

POTADS Ajak Masyarakat Jadi Teman dan Sahabat Penyandang Down Syndrome

Bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Kesadaran Down Syndrome, sebuah kesempatan untuk menyebarkan kepedulian. Dengan harapan semua masyarakat dunia dapat mengetahui lebih banyak tentang Down Syndrome.

Down Syndrome and Friends in Virtual Harmony 2021, Jakarta, Minggu (31/10)

JAKARTA, Jurnas.com - Yayasan Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (POTADS) merayakan puncak Bulan Peduli Down Syndrome secara virtual, Minggu (31/10). Pada acara punyak ini, anak-anak penyandang down syndrome menampilkan pentas seni.

Bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Kesadaran Down Syndrome, sebuah kesempatan untuk menyebarkan kepedulian. Dengan harapan semua masyarakat dunia dapat mengetahui lebih banyak tentang Down Syndrome.

Down Syndrome merupakan adanya gangguan genetika yang menyebabkan perbedaan kemampuan belajar dan ciri-ciri fisik yang tidak bisa disembuhkan, namun jika diberikan dukungan dan perhatian yang maksimal, maka mereka bisa tumbuh secara bahagia dan berprestasi.

Ketua Umum POTADS, Olivia Maya pada sambutannya berharap, lebih banyak lagi orang yang mau peduli dan menerima penyandang down syndrome dalam kehidupan bermasyarakat.

"Pertama-tama, saya ucapkan selamat memperingati Bulan Peduli Down Syndrome di bulan Oktober ini. Bulan ini, kami selaku orang tua dari para individu dengan down synndrome berharap lebih banyak yang mau peduli dan menerima penyandang down syndrome dalam kehidupan bermasyarakat," ujarnya.

Olivia menyebutkan, ada barbagai macam kegiatan yang menjadi rangkaian acara dalam memperingati Bulan Peduli Down Syndrome, yang telah dimulai sejak awal Oktober hingga acara puncak hari ini.

"Dan, hari ini sebagai puncak acara yaitu Down Syndrome and Friends in Virtual Harmony 2021, sebuah pentas seni kolaborasi antara Individu dengan Down Syndrome dengan masyarakat umum, dengan disabilitas lain, juga dengan figur publik," ujarnya.

Bulan Peduli Down Syndrome tahun ini mengusung tema Down Syndrome and Friends. Makna ini sebagai bentuk ajakan POTADS Indonesia, kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bisa menjadi teman dan sahabat bagi para individu dengan Down Syndrome.

"Mereka sama seperti kita semua, ingin bisa diterima, dan dihargai oleh sesama. Mereka juga memiliki keinginan dan impian untuk dirinya sendiri, bahkan untuk orang-orang terdekatnya," ujar Olivia.

"Dukungan keluarga, lingkungan dan semua pihak membuat mereka bisa tumbuh secara mandiri bahkan menorehkan prestasi yang luar biasa membanggakan, tidak hanya di dalam negeri namun juga di kancah prestasi dunia," sambungnya.

Di tempat yang sama, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga berharap, para penyandang down syndrome mendapatkan kesempatan, kesetaraan untuk berkegiataan dan bersosialiasai.

"Harapnnya melalui pentas seni ini para peyandang down syndrome bisa membangun persahabatan, bisa berkolaborasi dari berbagai komonitas dan nantinya bisa menumbuhkan minat bakatnya, menjadi pribadi-pribadi yang memberikan manfaat bagi sesama," ujar Anies.  

 

TAGS : Bulan Peduli Down Syndrome Olivia Maya




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :