Jum'at, 01/07/2022 12:53 WIB

Negara Bagian AS Mulai Pesan Vaksin COVID-19 untuk anak-anak

Vaksin COVID-19 Pfizer dan BioNTech diperkirakan mulai tersedia untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun paling cepat minggu depan.

Vaksin virus corona baru (COVID-19) buatan Pfizer. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, Jurnas.com - Gedung Putih mengatakan pada Rabu, negara-negara bagian Amerika Serikat (AS) sudah memesan vaksin COVID-19 untuk anak-anak dan jutaan dosis akan dikirimkan segera setelah regulator kesehatan mengizinkan penggunaannya.

Vaksin COVID-19 Pfizer dan BioNTech diperkirakan mulai tersedia untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun paling cepat minggu depan setelah panel ahli pada Selasa memberikan suara mendukung untuk merekomendasikan Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) AS mengizinkannya.

Jika FDA mengizinkan suntikan untuk kelompok usia ini, panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS akan bertemu minggu depan untuk membuat rekomendasi tentang pemberian vaksin. Direktur CDC akan membuat panggilan terakhir.

"Intinya adalah kami akan segera siap mengikuti keputusan FDA dan CDC sehingga orang tua dapat memvaksinasi anak-anak mereka dengan cepat, mudah, dan nyaman," kata Koordinator Tanggapan Virus Corona Gedung Putih Jeff Zients kepada wartawan.

"Jika diizinkan untuk penggunaan darurat oleh FDA AS, Pfizer/BioNTech akan segera mengirimkan formulasi pediatrik dari vaksin COVID-19 mereka - seperti yang diarahkan oleh pemerintah AS," kata Pfizer dalam sebuah pernyataan.

Direktur CDC, Rochelle Walensky mengatakan, rerata tujuh hari kasus COVID-19 di AS turun 16 persen menjadi 65.900 kasus per hari, tingkat rawat inap rerata tujuh hari turun 12 persen menjadi 5.500 per hari, dan kematian harian juga menurun, rerata tujuh hari berdiri di 1.100 sehari.

"Ada 60 juta orang Amerika yang memenuhi syarat yang tetap tidak divaksinasi," tambahnya.

TAGS : vaksinasi covid-19 anak-anak amerika Serikat negara bagian pfizer/bioNTech




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :