Kamis, 25/04/2024 06:55 WIB

Taiwan dan AS Bahas Partisipasi Taipei di PBB

Para pejabat AS dan Taiwan telah bertemu secara virtual pada Jumat untuk

Seorang demonstran memegang bendera Taiwan dan Amerika Serikat untuk mendukung Presiden Taiwan Tsai Ing-wen saat singgah setelah kunjungannya ke Amerika Latin di Burlingame, California, AS, 14 Januari 2017. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)

TAIPEI, Jurnas.com - Pejabat Taiwan dan Amerika Serikat (AS) membahas bagaimana Taiwan dapat secara bermakna berpartisipasi di PBB hanya beberapa hari sebelum Presiden China Xi Jinping akan memberikan pidato untuk menandai setengah dekade negaranya sejak aksesi ke badan global tersebut.

Taiwan, menggunakan nama resminya Republik Tiongkok, memegang kursi Tiongkok di PBB hingga 25 Oktober 1971, ketika terpilih sebagai wakil negara yang mendukung Republik Rakyat Tiongkok, yang telah memenangkan perang saudara pada tahun 1949 dan memaksa pemerintah republik untuk melarikan diri ke pulau itu.

China mengatakan, Taiwan adalah salah satu provinsinya, sehingga memiliki hak tunggal untuk mewakili Taiwan secara internasional. Pemerintah yang dipilih secara demokratis di Taipei mengatakan hanya mereka yang memiliki hak itu.

Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam (23/10), Departemen Luar Negeri AS, mengatakan, para pejabat AS dan Taiwan telah bertemu secara virtual pada Jumat untuk "diskusi yang berfokus pada mendukung kemampuan Taiwan untuk berpartisipasi secara bermakna di PBB".

"Peserta AS mengulangi komitmen AS untuk partisipasi berarti Taiwan di Organisasi Kesehatan Dunia dan Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim dan membahas cara-cara untuk menyoroti kemampuan Taiwan berkontribusi pada upaya dalam berbagai masalah," tambahnya.

Peserta termasuk Penjabat Kepala Departemen Luar Negeri Wakil Asisten Sekretaris Organisasi Internasional Hugo Yon, Wakil Asisten Sekretaris untuk China, Taiwan, dan Mongolia Rick Waters, dan wakil duta besar de facto Taiwan di Washington, Wang Liang-yu, kata Departemen Luar Negeri.

Kementerian Luar Negeri Taiwan berterima kasih kepada Amerika Serikat atas "dukungan tegas"-nya.

Xi akan berbicara pada peringatan 50 tahun pada hari Senin tentang apa yang disebut China sebagai pemulihan kursinya yang sah di Perserikatan Bangsa-Bangsa

Taiwan sangat marah karena ketidakmampuannya untuk sepenuhnya mengakses Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) selama pandemi COVID-19, meskipun China dan WHO mengatakan pulau itu telah diberikan bantuan yang dibutuhkannya.

China telah meningkatkan tekanan politik dan militer untuk memaksa Taiwan menerima kedaulatan China. Taiwan mengatakan itu adalah negara merdeka dan akan membela diri jika China menyerang. (REUTERS)

KEYWORD :

Taiwan China Amerika Serikat PBB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :