Sabtu, 27/11/2021 12:56 WIB

Sahroni: Polwan bukan Hanya Pemanis, Sendi Penting Wujudkan Polri Presisi

Wakil Ketua Komisi III DPR RI asal Fraksi Partai Nasdem Ahmad Sahroni menyampaikan betapa pentingnya peran Polisi Wanita (Polwan) di institusi Polri.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni (tengah) saat memberikan pidato kebangsaan di Sepolwan Polri

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi III DPR RI asal Fraksi Partai Nasdem Ahmad Sahroni menyampaikan betapa pentingnya peran Polisi Wanita (Polwan) di institusi Polri. Dimana, Polwan memiliki peran yang sama dengan aparat kepolisian pria.

Demikian disampaikan Sahroni saat pidato tentang wawasan kebangsaan di hadapan 700 orang peserta Pendidikan Pembentukan Bintara Polwan Tahun Ajaran 2021, di Sepolwan Polri, Jakarta, Sabtu (23/10).

“Kehadiran Polisi Wanita (Polwan) di kepolisian bukan hanya sebagai pemanis saja. Kalian juga merupakan sendi penting dalam tubuh Polri, dan dalam mewujudkan Polri yang Presisi. Jangan pernah merasa Polwan tidak setara dengan para polisi pria. Sebaliknya, kalian justru menjadi mitra setara yang penting dalam pelaksanaan kinerja polisi di masyarakat,” kata Sahroni.

“Khususnya pada kelompok perempuan dan anak yang menjadi korban kasus-kasus kekerasan maupun pelecehan seksual yang saat ini kondisinya makin mengkhawatirkan,” lanjut Sahroni.

Sahroni menegaskan, meski berasal dari daerah yang berbeda, namun para Polwan sejatinya memiliki identitas yang sama, yakni ke-Indonesiaan. Ia menyoroti, para peserta asal Papua dan Papua Barat yang nantinya kelak akan menjadi pelayan masyarakat di provinsi paling timur tersebut.

“Saya juga melihat di sini ada banyak Polwan dari Papua. Pada kegiatan PON kemarin, saya juga sangat terkesan dengan betapa indahnya tanah Papua, dan betapa ramah orang-orangnya,” tuturnya.

“Karena itulah, saya senang sekali menyaksikan siswa-siswa calon Polwan Papua ada di sini, menjalani pendidikan, dan kelak akan menjadi srikandi tangguh pengayom dan pelayan masyarakat Papua. Silakan adik-adik menimba ilmu sebanyak-banyaknya, tanamkan dalam diri nilai-nilai nasionalisme, keindonesiaan, kebangsaan, dan prinsip Polri Presisi,” sambungnya.

Tak hanya memberikan materi terkait wawasan kebangsaan, Sahroni juga turut interaktif dalam menjawab berbagai pertanyaan dari para bintara, di antaranya mengenai konsistensi belajar dan menjunjung tinggi prilaku baik, khususnya pada saat bekerja di lapangan.

“Para adik-adik sekalian, bermimpilah setinggi-tingginya. Wujudkan mimpi tersebut dengan konsistensi belajar. Selain itu yang terpenting adalah memiliki akhlak yang baik. Jangan merasa kita pintar namun attitude tidak ada. Menjadi abdi negara itu tidak mudah, harus konsisten. Terlebih kalian semua harus selalu memikirkan bagaimana menjaga akhlak terutama saat bertugas di lapangan,” demikian Sahroni.

TAGS : Komisi III DPR Ahmad Sahroni Polisi Wanita Polri Presisi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :