Sabtu, 20/04/2024 00:00 WIB

Bazar UMKM Jakpreneur Hidupkan Geliat Perekonomian

Pelaku UMKM terus berinovasi meningkatkan kualitas usaha

Bazar UMKM Jakpreneur wilayah Pancoran, Jakarta Selatan

Jakarta, Jurnas.com - Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kota Administrasi Jakarta Selatan mengadakan Bazar UKM tingkat Kecamatan Pancoran di Pasar Mayestik JL. Tebah III No.3, Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin - Kamis, 18-21 Oktober 2021.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari para pelaku UKM, yang selama ini terbukti mampu menjadi penopang perekonomian di tengah pandemi.

Salah satunya diungkapkan Anton Haryadi, Owner Mazana Craft atau Maya. Ia menjelaskan bahwa upaya memperluas akses pemasaran bisa menempuh berbagai cara.

"Selain dengan cara online seperti e-commerce dan platform marketplace lainnya, bisa juga dengan cara offline seperti mengikuti event, pameran, dan bazar," ujar Anton, Kamis (21/10/2021).

Anton menuturkan, dalam sebuah even Bazar, para pelaku UMKM tidak hanya membuka stand di acara pameran atau bazar, juga harus aktif menelusuri berbagai kegiatan yang melibatkan partisipasi dari UMKM, khususnya yang fokus untuk menggiatkan UMKM.

"Contohnya bazar yang diselenggarakan di Pasar Mayestik tgl 18 - 21 Oktober 2021 Bazar Jakpreneur Kecamatan Pancoran, diadakan untuk mendukung UMKM Indonesia mengakses pasar yang lebih luas," jelas Anton.

Ia menyebut bazar ini menjadi ajang silaturahmi dan menghidupkan geliat perekonomian di Era Pademi. Sebab UMKM adalah motor penggerak dari ekonomi.

Anton menjelaskan bazar UMKM akan menjembatani para pembeli konsumen secara langsung dengan pedagang, sehingga akan sangat berguna buat Indonesia.

Ia juga menilai bahwa bazar merupakan kegiatan yang dapat memotivasi bangkitnya UMKM, sehingga dapat menggerakkan perekonomian secara lebih massif.

"Bazar UMKM harus sering dan banyak digelar, sehingga para pelaku UMKM dapat terus berinovasi dan meningkatkan kualitas usahanya, namun dengan harga yang terjangkau, dan nantinya diminati masyarakat," papar Anton.

Anton memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh pelaku UMKM dalam berpartisipasi mengikuti bazar.

Pertama, perhatikan lokasi dan ketentuan beserta persyaratan yang ditetapkan oleh penyelenggara.

Kedua, siapkan sampel produk agar pengunjung dapat mencoba produk yang ditawarkan.

Ketiga, buatlah promosi atau potongan harga untuk menarik pembeli.

"Tujuan utama mengikuti bazar atau pameran adalah pengenalan produk, bukan untuk mengejar target penjualan. Maka ikut Bazar akan mencapai pada sasaran," tuntas Anton Haryadi.

KEYWORD :

bazar jakpreneur Anton Haryadi Mazana Craft UMKM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :