Minggu, 05/12/2021 14:10 WIB

Pengadilan Tolak Jaminan Bebas untuk Anak Shah Rukh Khan

Pengadilan India menolak pengajuan jaminan bebas untuk putra superstar Bollywood Shah Rukh Khan, Aryan Khan, setelah dia ditangkap atas dugaan pesta narkoba

Aryan Khan ditahan atas kasus narkoba (Foto: BBC)

Delhi, Jurnas.com - Pengadilan India menolak pengajuan jaminan bebas untuk putra superstar Bollywood Shah Rukh Khan, Aryan Khan, setelah dia ditangkap atas dugaan pesta narkoba.

Aryan Khan menumpang kapal pesiar dari kota Mumbai ke negara bagian Goa pada 2 Oktober lalu. Biro Pengendalian Narkotika (NCB) mendakwanya berdasarkan undang-undang "terkait dengan kepemilikan, konsumsi, dan penjualan zat ilegal". Namun dia telah membantah tuduhan itu.

Pengacaranya, Satish Manshinde, berulang kali mengatakan kepada pengadilan bahwa tidak ada obat-obatan yang ditemukan. Juga, "tidak ada bukti bahwa dia telah mengkonsumsi obat-obatan".

Namun pengadilan di Mumbai pada Rabu (20/10) dikutip dari BBC, menolak pengajuan jaminannya untuk kedua kali. Sebelumnya pengadilan juga mengeluarkan keputusan serupa pada 8 Oktober lalu. Pengadilan menolak permohonan jaminan dari dua terdakwa lainnya dalam kasus tersebut.

Pengacara Aryan Khan dipersilakan untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut di pengadilan tinggi Mumbai.

Dalam sidang sebelumnya, jaksa penuntut berargumen bahwa perlu mengambil "pandangan serius" tentang penggunaan narkoba di kalangan anak muda. Dikatakan bahwa Aryan Khan tidak dapat diperlakukan berbeda dari 17 orang lainnya yang dituduh dalam kasus tersebut, dan oleh karena itu tidak boleh dibebaskan dengan jaminan.

Pejabat dari NCB menggerebek kapal pesiar pada 2 Oktober lalu, dan diberi tahu bahwa ada obat-obatan di kapal. Aryan Khan digeledah dan diinterogasi sebelum dia naik ke kapal, sebelum akhirnya ditahan oleh NCB.

Dia ditangkap keesokan harinya. Dia awalnya ditahan di kantor NCB, tetapi kemudian dipindahkan ke penjara.

Kasus ini mendominasi berita utama media. Meski belum ada pernyataan resmi dari Shah Rukh Khan, beberapa tokoh Bollywood telah membela Aryan Khan. Para ahli juga mengkritik apa yang dikatakan sebagai "pandangan media yang berlebihan" seputar penangkapannya.

Banyak aktor Bollywood dan tokoh TV berada di bawah pengawasan sejak tahun lalu, dalam penyelidikan atas klaim penggunaan narkoba yang meluas di industri film Hindi. Pada tahun 2020, BNN India menanyai setidaknya empat aktris, termasuk Deepika Paduokone, tetapi tidak ada yang dituduh melakukan kesalahan.

Pemerintah juga menangkap aktris Rhea Chakraborty pada September tahun lalu, karena diduga membeli narkoba untuk pacar aktornya, Sushant Singh Rajput.

Rajput ditemukan tewas di flatnya pada 14 Juni. Polisi pada saat itu mengatakan dia bunuh diri. Tetapi kasus itu berubah secara tak terduga ketika keluarganya menuduh Chakraborty bersekongkol untuk bunuh diri, memicu liputan dan spekulasi media selama berbulan-bulan.

Chakraborty, yang membantah melakukan kesalahan, dibebaskan dari penjara sebulan setelah penangkapannya.

TAGS : Aryan Khan Shahrukhan Aktor India Pesta Narkoba




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :