Kamis, 02/12/2021 11:08 WIB

Utusan AS untuk Afghanistan Dikabarkan akan Mundur

Khalilzad akan bertransisi dari perannya dan digantikan wakilnya, Tom West, kurang dari dua bulan setelah AS menarik diri dari Afghanistan.

Perwakilan Khusus Amerika Serikat (AS) untuk Rekonsiliasi Afghanistan Zalmay Khalilzad mendengarkan pertanyaan video dari Perwakilan AS Susan Wild (D-PA) saat bersaksi tentang potensi penarikan pasukan militer AS dari Afghanistan pada sidang di depan Komite Urusan Luar Negeri DPR di Capitol Hill di Washington , 18 Mei 2021. (Foto: REUTERS/Jonathan Ernst)

WASHINGTON, Jurnas.com - Utusan utama Amerika Serikat (AS) untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad, dikabarkan akan mundur dari jabatannya saat ini.

Dikutip dari Reuters, dua sumber yang mengetahui hal itu, mengatakan, Khalilzad akan bertransisi dari perannya dan digantikan oleh wakilnya, Tom West, kurang dari dua bulan setelah AS menarik diri dari Afghanistan.

Kabar akan rencana pengunduran Khalilzad pertama kali dilaporkan CNN. Sementara itu, Khalilzad belum memberikan komentar apapun terkait keputusan tersebut.

Dia telah bertahun-tahun mempelopori dialog AS dengan Taliban, dan merupakan tokoh kunci dalam pembicaraan damai dengan kelompok itu.

Pada pertengahan Agustus, pemerintah Afghanistan yang didukung AS runtuh ketika Taliban menyapu negara itu dengan kecepatan kilat dan berbaris ke ibu kota, Kabul, tanpa perlawanan. Khalilzad dibiarkan mencari bantuan kelompok militan dalam evakuasi AS yang kacau dari Kabul.

Pejabat AS saat ini dan mantan mengatakan kepada Reuters sebelumnya bahwa dalam tiga tahun Khalilzad menjabat, ia menjadi wajah salah satu kegagalan diplomatik AS terbesar dalam ingatan baru-baru ini. (RUTERS)

TAGS : Afghanistan Zalmay Khalilzad Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :