Jum'at, 19/04/2024 20:20 WIB

Sukses PON XX Dinilai Momen Tepat bagi Papua Bangkit dari Pandemi

Webinar literasi pandemi se-Papua, kerja sama antara MUI dengan Kominfo, Jumat (15/10/2021). Foto: tangkapanlayar

JAKARTA, Jurnas.com – Keberhasilan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dinilai sebagai momen yang tepat bagi masyarakat Papua untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan PON XX yang terbilang sukses menjadi momentum Papua dalam penanggulangan pandemi dibarengi dengan pemulihan dan kebangkitan ekonomi,” kata Wakil Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (Infokom MUI), Munyati Sulam dalam webinar bersama

Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Munyati menyebutkan, penguasaan serta literasi digital dalam penanggulangan pandemi adalah suatu keniscayaan, terutama dalam pemutakhiran data untuk program vaksinasi terkait kegiatan tracing dan testing warga yang terpapar.

Wakil Sekretaris Jenderal MUI H. Asrori S. Karni menyampaikan bahwa webinar  tentang literasi pandemi dan pemulihan ekonomi se-Papua ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan masyarakat, khususnya umat Islam di Indonesia, untuk berperan aktif menanggulangi pandemi dan serta membantu pulihnya perekonomian.

“Webinar ini untuk meningkatkan literasi pandemi, dan juga mendapatkan feedback khususnya dari masyarakat Papua,” kata Asrori.

“Diharapkan dari webinar ini pemulihan ekonomi pascaCovid-19 ini bisa maksimal. Kedua vaksinasi yang ditargetkan sampai akhir tahun ini sebanyak 70% bisa tercapai,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Ketua MUI Papua KH. Saiful Islam Al Payage menyampaikan, MUI Papua aktif mengambil peran dalam literasi umat tentang kesadaran tentang Covid-19. Salah satunya dengan menggandeng ormas-ormas setempat, di tengah masih rendahnya pemahaman masyarakat mengenai pandemi Covid-19.

“Sosialisasi fatwa tentang arti sehat di masa new normal dan juga transisi untuk bangkit kembali dari keterpurukan ekonomi adalah bagian langkah-langkah yang dilakukan oleh MUI Papua,” ungkap Saiful.

Sedangkan Karo Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama RI Thobib Al-Asyhar mengatakan bahwa perkembangan positif situasi pandemi sampai awal Oktober ini adalah hasil gerakan kolaboratif berbagai elemen di pemerintahan dan masyarakat.

“Mari kita kurangi friksi-polemik tidak produktif, dan kita perkuat kolaborasi untuk mengatasi wabah,” tegas Thobib.

KEYWORD :

Kominfo MUI Papua PON XX pandemi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :