Kamis, 25/04/2024 20:52 WIB

KPU Jamin Tak Ada Lagi Korupsi pada Pileg dan Pemilu 2024

KPU menjamin kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) yang menyeret mantan Komisionernya Wahyu Setiawan jadi yang terakhir.

Gedung Merah Putih KPK

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjamin tidak akan ada lagi kasus korupsi di instansinya pada Pemilihan Legislatifnya (Pileg) 2024. KPU menjamin kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) yang menyeret mantan Komisionernya Wahyu Setiawan jadi yang terakhir.

"Kami tidak ingin ada kejadian-kejadian seperti itu terulang kembali di KPU," kata Ketua KPU Ilham Saputra di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Kamis, (14/10).

Ilham mengatakan agar menutup celah korupsi, KPU menyambangi KPK untuk mengikuti program penguatan antikorupsi untuk penyelenggara negara berintegritas (Paku Integritas). Program itu diharap bisa menguatkan integritas jajarannya dari sikap koruptif saat bekerja pada Pileg 2024.

Tindakan korupsi juga dijamin tidak akan ada di KPU pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ilham berharap program penguatan integritas dari KPK itu manjur untuk jajaran KPU. Jajaran KPU juga sudah mengetahui rambu-rambu korupsi usai menyambangi KPK.

"Jadi, dijelaskan apa yang kemudian menjadi gratifikasi itu apa kemudian kita kaitkan dengan pengalaman kita di KPU terkait dengan potensi-potensi terjadinya korupsi," tutur Ilham.

Ilham juga menyebut KPK mengajak pasangan tiap pejabat di KPU dalam program penguatan integritas itu. Ajakan pasangan itu dilakukan untuk menguatkan sikap antikorupsi dari keluarga.

"Masing-masing juga membawa pasangan agar dipahami masing-masing agar tidak ada upaya-upaya atau keinginan untuk melakukan tindak pidana korupsi," tutur Ilham.

KEYWORD :

KPK Pileg Pemilu KPU korupsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :