Minggu, 17/10/2021 05:10 WIB

PLN Punya Aplikasi PLN Mobile, Ternyata "Kacau"

Uji coba aplikasi itu yang dilakukan jurnas.com, ternyata di fitur yang paling penting yakni pembelian token.

Logo PLN Mobile di playstore

Jakarta- Perusahaan Listrik Negara (PLN) memunyai aplikasi PLN Mobile yang tujuannya memudahkan konsumen melakukan transaksi pembayaran dan pembelian token. Tidak hanya itu saja, aplikasi yang diluncurkan akhir tahun lalu itu,  juga ada fitur lainnya seperti pengaduan, catat meter, hingga fitur penyambungan sementara.

Bukannya bertujuan untuk memudahkan konsumen dengan perusahaan strum itu, malah sebaliknya. Aplikasi itu justru tidak berfungsi dengan baik. Tak ayal, selain mendapat kritik yang termuat di play store, juga hasil coba langsung wartawan yang berdampak membuat konsumen dirugikan.

Uji coba aplikasi itu yang dilakukan jurnas.com, ternyata di fitur yang paling penting yakni pembelian token.  Pasalnya, fitur ini akan banyak diminati pelanggan. Apalagi dengan biaya admin murah bahkan gratis dibandingkan pembelian di aplikasi lainnya.

Ketika dilakukan pembelian melalui vitual account yang diberikan PLN Mobile, justru tidak langsung merespon nomor token listrik konsumen. Padahal dana konsumen sudah terpotong untuk pembelian token.

Jurnas.com menghubungi pihak call center PLN di nomor 123. Hasilnya, dana dianggap belum masuk dan diminta menunggu informasi selanjutnya. Padahal dari hasil stori pembayaran bank, tertera dana terpotong Indonesia Comnets Plus dan kepenampungan pendapatan VA Billing.

Jawaban tak jelas juga ketika dikonfirmasi ulang soal nomor token yang belum juga dikirim PLN dan meminta untuk menghubungi Bank terkait. Dan pihak bank memastikan dana sudah terkirim dan memberikan nomor jurnal. Lagi-lagi Call Center tidak punya solusi dan hanya mengatakan akan menyampaikan ke pihak lainnya.

Namun masalah bisa di atasi ketika ada yang mengatasnamakan dari pihak Indonesia Comnets Plus melalui pesan WhatsApp meminta penjelasan dan akhirnya mengirimkan nomor token PLN secara manual.

Begitu juga kesigapan dari Humas PLN yang meminta kejelasan dan sekaligus meminta maaf dengan kendala yang dihadapi konsumen terkait aplikasi PLN Mobile. “Kami akan perbaiki kekurangan-kekurangnya,” ujarnya. Pesan dari jurnas.com, semoga segera dirapikan dan ditunggu konsumen perbaikannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TAGS : PLN Mobile Kinerja BUMN Aplikasi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :