Minggu, 17/10/2021 04:54 WIB

Untuk Bumi, Ini Tujuan Program Otsuka Ecovillage

Otsuka Ecovillage dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi serta semangat baru bagi masyarakat sekitar untuk menunjukkan kepedulian terhadap alam sekitar

Bapak Roy Sparringa, Selaku Presiden Komisaris PT. Amerta Indah Otsuka dalam acara Opening Ceremony Bank Sampah Sehati Eco Village Program Amerta Indah Otsuka (Foto:Istimewa/JURNAS)

Jakarta, Jurnas.com – Pada masa pandemi, gerakan mengurangi sampah plastik cenderung dikesampingkan karena ketakutan masyarakat bahwa virus dapat bertahan di benda-benda tertentu. Kecenderungan menggunakan benda sekali pakai juga meningkat drastis, terutama yang terbuat dari plastik, merupakan alternatif paling aman bagi masyarakat.

Keresahan ini menginspirasi Otsuka meresmikan Bank Sampah Sehati  yang merupakan bagian dari Program Otsuka Ecovillage. Program ini diciptakan untuk mendorong  masyarakat yang mampu mengelola sampah secara mandiri. Selain itu, mempermudah masyarakat dalam pengelolaan sampah Non Organik.

Kepala Dinas LH Kab. Sukabumi, H.Tana Indra Permana mengatakan bahwa pemerintah lokal menghargai inisiatif Otsuka melalui Otsuka Ecovillage ini dan berusaha berkontribusi nyata terhadap penanggulangan sampah di Sukabumi khususnya kecamatan Cicurug.

Dengan banyaknya kolaborasi seperti ini lama-kelamaan kebiasaan baik akan terbentuk dan sampah yang berakhir dipembuangan sampah akan berkurang dengan sifnifikan.

Di Otsuka Ecovillage sampah organik akan dikelola dengan teknik lubang biopori sehingga menjadi kompos yang dipakai untuk tanah sekitar. Untuk sampah non-organik akan dilakukan pemilahan sampah berdasarkan kategori di bank sampah Otsuka Ecovillage agar kemudian dapat didaur ulang.

Presiden Komisaris PT Amerta Indah Otsuka, Roy Sparringa mengatakan, “Otsuka menyadari bahwa masih banyak yang bisa dilakukan untuk keberlangsungan lingkungan hidup. Peluncuran Otsuka Ecovillage bukan hanya menfasilitasi pengelolaan sampah, tapi dapat menjadi pusat edukasi untuk masyarakat sekitar bagaimana membina dan membentuk kebiasaan baik dalam memilah dan mengelola sampah dengan mandiri.”

Otsuka Ecovillage di Kecamatan Cicurug adalah salah satu program yang diharapkan menjadi bagian dari solusi sampah di area ini. Masyarakat yang bebas sampah pastinya lebih aman, nyaman, dan bersih sehingga menghindarkan dari penularan penyakit yang ringan atau berbahaya.

Otsuka Ecovillage ini diharapkan dapat sepenuhnya bermanfaat dan menjadi inspirasi serta semangat baru bagi masyarakat sekitar untuk menunjukkan kepedulian terhadap alam sekitar dengan berkontribusi dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan, demi bumi yang lebih baik”. tutup Roy Sparringa.

TAGS : Otsuka Ecovillage Bank Sampah Pengelolaan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :