Sabtu, 27/04/2024 01:21 WIB

Uni Eropa Siapkan Proposal Baru Kesepakatan Brexit

Uni Eropa (UE) telah menyiapkan proposal baru sebagai bagian dari kesepakatan Brexit. Proposal tersebut akan mencakup bea cukai, pertanian pangan, obat-obatan dan peran politisi Irlandia Utara.

Papan penunjuk jalan di Irlandia (Foto: BBC)

London, Jurnas.com - Uni Eropa (UE) telah menyiapkan proposal baru sebagai bagian dari kesepakatan Brexit. Proposal tersebut akan mencakup bea cukai, pertanian pangan, obat-obatan dan peran politisi Irlandia Utara.

Menurut regulasi saat ini, dikutip dari BBC pada Rabu (13/10), Uni Eropa berupaya menghindari perbatasan keras di pulau Irlandia, dengan menjaga Irlandia Utara di pasar tunggal Uni Eropa untuk barang.

Tapi aturan ini malah menciptakan perbatasan perdagangan baru dengan Inggris Raya, yang menurut serikat pekerja merusak tempat mereka di Inggris.

Wakil Presiden Komisi Eropa Maros efčovi mengatakan, proposal baru untuk Protokol Irlandia Utara akan sangat luas jangkauannya. Pihaknya memasukkan kesepakatan pertanian pangan unik, yang bertujuan untuk mengurangi pemeriksaan pada produk yang bergerak dari Inggris Raya ke Irlandia Utara.

Juga akan ada pengaturan untuk memungkinkan kelanjutan penjualan daging dingin dari Inggris Raya di Irlandia Utara, di mana produk ini menghadapi larangan.

UE juga mengatakan akan mengubah undang-undangnya, dalam rangka memecahkan masalah peraturan yang mengancam pasokan obat-obatan ke Irlandia Utara.

Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney mengatakan proposal tersebut mencerminkan "kerja keras selama berbulan-bulan, mendengarkan dengan cermat di seluruh Irlandia Utara dan akan memberikan solusi praktis untuk membuat protokol bekerja lebih baik".

"Saya berharap pemerintah Inggris serius untuk melanjutkan kemitraan," tambahnya.

Pada Selasa (12/10) kemarin, Menteri Brexit Inggris, Lord Frost, mengusulkan rencana untuk protokol yang sama sekali baru untuk menggantikan yang sudah ada.

Sebagai bagian dari rencana ini, pemerintah Inggris ingin membalikkan perjanjian sebelumnya tentang peran pengawasan Pengadilan Eropa, yang merupakan pengadilan tertinggi Uni Eropa.

Perjanjian tersebut menyatakan bahwa ECJ memiliki yurisdiksi untuk mengatur masalah hukum UE di Irlandia Utara, jadi misalnya, jika ada perselisihan seputar kepatuhan terhadap hukum Uni Eropa yang berlaku, maka dapat membawa Inggris ke ECJ.

KEYWORD :

Proposal Baru Perbatasan Irlandia Kesepakatan Brexit Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :