Rabu, 24/04/2024 04:35 WIB

Buka Wisata Budaya Sangiran, Menparekraf Didoakan Ibu-bu Pedagang

Menparekraf Sandiaga Uno membuka wisata Budaya Sangiran secara bertahap dengan menegakkan protokol kesehatan.

Menparekraf Sandiaga Uno diskusi dengan Ibu-Ibu di lokasi. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno akan segera melakukan pembukaan tempat wisata di Kawasan Pasar Budaya Sangiran. Hal tersebut dikatakannya saat berkunjung ke Desa Wisata Sangiran Desa Krikilan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Sandi yang datang berkunjung tersebut dicegat oleh puluhan ibu-ibu dari kelompok dagang yang mengeluhkan kalau ekonominya carut-marut sejak pandemik. Walaupun dia berjualan namun pendapatannya tetap tidak menentu. Pasalnya, Museum Manusia Purba Sangiran harus tutup di mana pendapatan terbesar adalah dari pengunjung museum. Ini sudah berlangsung selama 2 tahun.

Oleh karenanya mereka sampai harus menjual sapi mereka untuk bertahan hidup. Ibu Parni wakil kelompok dagang sampai bercerita kalau dia harus menjual dua ekor sapinya dan juga menjadi buruh jahit yang penghasilannya Rp 20 ribu per hari demi menopang kebutuhan sehari-hari. Sandiaga Uno langsung memastikan kepada Ibu Bupati yang menemani selama kunjungan ke desa wisata Sangiran Sragen tersebut.

“Seperti yang Ibu Bupati infokan bahwa, pasar budaya Sangiran akan mulai dibuka per Selasa nanti. Tapi tentunya harus meningkatkan protokol kesehatan,” kata Sandiaga Uno, baru-baru ini.

Ia menjelaskan kalau sektor wisata di tempat tersebut akan dibuka secara bertahap tidak bisa langsung dibuka. Berkesempatan bertemu langsung dengan Menparekraf, Ibu Parni juga meminta untuk menyeragamkan etalase sehingga higenitas dagangan mereka terjaga.

“Saya perintahkan staff saya, bapak Hadi untuk menindaklanjuti masalah ini. Kami memiliki program Bedakan yang akan membantu pedagang untuk bisa meningkatkan dagangannya. Nanti akan kami pantau”, terang Sandi.

Mendengar solusi yang Mas Menteri sampaikan itu, Ibu Parni pun langsung mengucapkan terima kasih dengan mata berkaca-kaca dan berdoa semoga Mas Menteri akan terus menjadi pemimpin yang amanah.

KEYWORD :

Sandiaga Uno Budaya Sangiran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :