Jum'at, 22/10/2021 03:07 WIB

Jasa Ekspedisi Trawlbens Tawarkan Ongkir Murah hingga Gratis

Aplikasi TrawlBens ini juga untuk memperluas cakupan dan jangkauan skema alur bisnis logistik nasional agar bisa murah dan terjangkau

Jasa kurir Trawlbens (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Tidak bisa dimungkiri bahwa pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia merupakan salah satu penggerak utama perekonomian apalagi di masa pemulihan ekonomi. Jumlahnya diperkirakan mencapai 64 juta atau mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia. Dari jumlah tersebut, hingga akhir tahun 2020, ada 10 juta UMKM yang masuk ke ekosistem digital.

Jadi, tak mengherankan selama terjadi pandemi Covid-19, meski 30 persen pelaku bisnis UMKM terpuruk, namun tak sedikit yang melakukan inovasi, salah satunya berjualan secara online. Tujuannya agar mereka tetap bisa bertahan.

Ketika berjualan secara online, pedagang dihadapkan dengan tarif atau ongkos kirim yang tidak bersahabat di kantong. Tarif logistik yang mahal, menjadi salah satu isu krusial yang harus mereka hadapi. Hal ini pula yang menyebabkan banyak pelaku UMKM yang tidak bisa kompetitif. Padahal pengguna jasa masih bisa mendapatkan tarif yang lebih rendah.

"Fenomena ini harus ada solusinya. Karena bagi saya, pelaku UMKM ini harus diselamatkan agar mereka tidak semakin terpuruk gara-gara tarif pengiriman yang mahal," ujar Founder dan CEO TrawlBens Beni Syarifudin, kepada wartawan, pada Jumat (8/10).

Dari komitmen itu, Beni mendirikan Trawlbens pada akhir 2020. "Kami mencari terobosan-terobosan agar tarif jasa pengiriman tidak mengganggu teman-teman UKM di dalam mengembangkan bisnisnya. Salah satu terobosannya dengan tarif murah dan jujur yang dikembangkan melalui aplikasi Trawlbens," ujarnya.

Aplikasi Trawlbens ini juga untuk memperluas cakupan dan jangkauan skema alur bisnis logistik nasional agar bisa murah dan terjangkau. Melalui Trawlbens, "Skema itu berubah menjadi produsen ke distributor atau retail, dan produsen atau distributor ke konsumen langsung."

Di sisi lain, aplikasi Trawlbens ini juga akan membantu pelaku UMKM berjualan secara digital, salah satunya dengan memaksimalkan marketplace di dunia digital. Jika berjualan melalui marketplace, banyak keuntungan yang bisa mereka peroleh, salah satunya fasilitas berupa diskon.

Namun, untuk menikmati berbagai kemudahan atau fasilitas tersebut mereka harus melakukan kerjasama, biasanya B to B antara pelaku bisnis UKM dengan entitas bisnis lainnya misalnya perusahaan jasa pengirim barang, sehingga bisa dilakukan promosi gratis ongkir, misalnya.

Karena itu, Beni menawarkan solusi bagi pelaku UKM yang tidak pernah berjualan melalui marketplace. Caranya dengan memberikan fasilitas gratis ongkir secara langsung bagi pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi Trawlbens ketika mengirim barang. Fasilitas ini berlaku untuk pengiriman barang hingga jarak 30 km.

"Untuk saat ini, kami masih fokus untuk wilayah Jabodetabek dan akan segera menyusul untuk 10 kota besar lainnya," ujarnya.

Fasilitas ini merupakan salah satu bentuk komitmen Beni untuk turut berperan aktif memajukan industri UMKM. Sentra industri UKM di daerah akan sulit tumbuh jika menjual barang dengan kuantitas sedikit karena ongkos kirimnya akan mahal.

"Di sinilah peran TrawlBens yang akan mensuport UMKM dengan onkos kirim yang murah. Itu konsen kami dan kami sangat percaya diri bahwa TrawlBens akan menjadi roda penggerak perekonomian Indonesia," tutup dia.

TAGS : Aplikasi Trawlbens Jasa Kurir Ongkir Gratis Ekspedisi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :