Rabu, 24/04/2024 07:44 WIB

Wapres Filipina Robredo Calonkan Diri Sebagai Presiden pada 2022

Robredo, 56, seorang pengacara hak asasi manusia dan janda mantan menteri dalam negeri, memimpin oposisi dan kritis terhadap petahana Rodrigo Duterte dan perang berdarahnya terhadap narkoba.

Wapres Filipina Leni Robredo (Foto: AP Photo/Aaron Favila)

Manila, Jurnas.com - Wakil Presiden Filipina, Leni Robredo mengatakan pada Kamis (7/10) akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan 2022.

Robredo, 56, seorang pengacara hak asasi manusia dan janda mantan menteri dalam negeri, memimpin oposisi dan kritis terhadap petahana Rodrigo Duterte dan perang berdarahnya terhadap narkoba.

"Saya berjanji untuk memberikan semua kekuatan saya tidak hanya dalam pemilihan ini tetapi di hari-hari saya yang tersisa (sebagai wakil presiden) untuk memperjuangkan Filipina," kata Robredo dalam pidato 15 menit yang disiarkan langsung di media sosial.

Dia mengatakan siap untuk memulai pertarungan yang lebih besar.

Wakil presiden dipilih secara terpisah dari presiden di Filipina dan Robredo telah berselisih dengan Duterte dalam berbagai masalah.

Duterte tidak dapat mencalonkan diri sebagai presiden pada bulan Mei karena aturan tentang batasan masa jabatan. Dia mengatakan akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden tetapi mengumumkan pada Sabtu bahwa akan pensiun dari politik.

Robredo, ibu dari tiga anak, diperkirakan akan mengajukan surat pencalonannya pada hari Kamis. Dia akan menjadi kandidat kelima yang secara resmi memasuki perlombaan.

Jika dia menang, Robredo akan menjadi wanita ketiga yang memimpin Filipina setelah juara demokrasi Corazon Aquino pada 1986 dan Gloria Macapagal-Arroyo pada 2001.

Di bawah Duterte, Robredo menjabat sebagai menteri perumahan tetapi berhenti setelah dikeluarkan dari rapat kabinet.

Setelah mengkritik apa yang dia sebut pembunuhan tidak masuk akal dalam perangnya melawan narkoba, Duterte mengangkatnya sebagai "tsar narkoba", tetapi memecatnya setelah 18 hari. (Reuters)

KEYWORD :

Filipina Leni Robredo Rodrigo Duterte




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :