Jum'at, 19/04/2024 09:33 WIB

Pemukim Israel Bakar Lahan Warga Palestina di Tepi Barat

Pemukim Israel membakar pohon zaitun milik warga Palestina di kota Nablus, Tepi Barat yang diduduki.

Petani Palestina memeriksa pohon zaitun mereka yang dirusak oleh pemukim Israel [Issam Rimawi/Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Pemukim Israel membakar pohon zaitun milik warga Palestina di kota Nablus, Tepi Barat yang diduduki.

Ghassan Daghlas, seorang pejabat Palestina yang memantau kegiatan pemukiman di Tepi Barat utara, mengatakan bahwa sekelompok pemukim dari pemukiman ilegal Har Brakha di Nablus telah mencuri buah zaitun dari tanah milik Omar Youssuf Al-Qenni di kota Kafr Qalil.

"Para pemukim Israel membakar lusinan pohon zaitun di tanah antara desa Jorish dan Qusra, dekat pemukiman ilegal Israel di Majdolim," tambah Daghlas dilansir Middleeast, Kamis (07/10).

Pejabat Palestina itu memperingatkan peningkatan serangan pemukim saat mendekati awal musim panen zaitun. Ia menambahkan bahwa mereka menargetkan petani dan tanah Palestina, terutama di daerah yang berdekatan dengan pemukiman mereka.

Serangan pemukim terhadap petani Palestina dan tanah mereka dilaporkan meningkat dalam beberapa bulan terakhir, bertepatan dengan dimulainya musim panen zaitun.

Palestina mengatakan bahwa pihak berwenang Israel mengizinkan pemukim untuk melanjutkan serangan mereka tanpa konsekuensi sebagai bagian dari upaya resmi untuk mengintensifkan pembangunan pemukiman di wilayah pendudukan.

Sekitar 650.000 warga Israel saat ini tinggal secara ilegal di Tepi Barat, tersebar di 164 pemukiman dan 124 pos terdepan.

Di bawah hukum internasional, semua pemukiman Yahudi dan pos-pos di wilayah pendudukan dianggap ilegal.

KEYWORD :

Pemukim Israel Lahan Warga Palestina Tepi Barat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :